Sukses

Health

5 Penyebab Kulit Kering Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kulit kering adalah kondisi dimana kulit di tubuh tidak mendapatkan cukup kelembapan. Akibatnya kulit akan tampak bersisik dan muncul retakan-retakan atau garis halus. Bahkan di tingkat kondisi paling parah, kulit akan mengalami pecah-pecah hingga keluar darah. 

Penyebab dari kulit kering ini beragam. Mulai dari cuaca, kondisi sekitar, kebiasaan buruk, masalah kesehatan lain, serta penuaan. Berikut adalah beberapa penyabab dari kulit kering beserta cara mengatasinya.

Ruangan dengan AC

Suhu dingin dari AC membuat kulit kita menjadi kering. Sebisa mungkin kita mengurangi penggunaan AC agar kulit terjaga kelembapannya. Kalaupun rutinitas sehari-hari memaksa kita beraktivitas di ruangan ber-AC, alangkah baiknya mengaplikasikannya body lotion yang memberikan kelembapan ekstra di kulit. 

Perubahan Cuaca

Sama halnya dengan AC, suhu udara dari perubahan cuaca bisa membuat kulit kita kering. Biasanya semakin rendah suhu udara semakin kering juga kulit kita. Hal ini biasa terjadi di cuaca dingin musim penghujan maupun musim pancaroba. Cara mengatasinya bisa dengan mengimbangi pola makan yang sehat dan minum air putih banyak agar tubuh dan kulit terdehidrasi.

Mandi Air Panas

Aliran air panas yang mengenai kulit membuat pori-pori terbuka dan menyebabkan banyak minyak alami kulit terbuang percuma. Minyak alami inilah yang menjaga kulit tetap lembap. Tidak terlalu sering mandi air panas adalah langkah yang baik untuk mengurangi kulit kering.

Menggosok Kulit

Kebiasaan menggosok kulit dengan spons atau scrub saat mandi bisa membuat kulit kering. Sebaiknya kita mengimbangi penggunaan scrub dengan menggunakan sabun batang atau pilihlah scrub dengan bahan yang benar-benar lembut untuk kulit.

Gesekan Handuk

Mengeringkan tubuh sehabis mandi dengan handuk bisa jadi penyebab kulit kering. Seringkali kita menggosok badan yang basah dengan handuk secara kasar dan tanpa aturan untuk membuat badan kering lebih cepat. Sebaiknya sekarang merubah kebiasaan tersebut dengan menggosok handuk ke tubuh secara lembut dan hati-hati.

 

Dari kelima penyebab di atas, kira-kira yang mana penyebab kulit kering Sahabat Fimela? Yuk mulai atasi kulit kering dengan merubah kebiasaan buruk dan menjaga pola hidup sehat.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading