Sukses

Health

Jangan Keramas Setiap Hari! Ini Bahaya yang Menghampiri

Fimela.com, Jakarta Keramas bertujuan untuk membersihkan rambut dari sel-sel mati kulit kepala maupun kotoran yang menempel. Namun terlalu sering keramas bahkan setiap hari bisa memunculkan banyak dampak negatif terutama pada kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Idealnya orang dengan tipe kulit kepala kering keramas 2 kali seminggu dan 2-3 kali seminggu jika tipe kulit kepala kalian berminyak. Berikut adalah beberapa bahaya yang akan datang jika tetap keramas setiap hari.

Rambut Kering dan Bercabang

Terlalu sering keramas malah membuat nutrisi rambut hilang. Rambut akan kehilangan minyak alaminya dan zat-zat kimia sampo lebih banyak tertimbun di kulit kepala. Hal ini menyebabkan rambut terasa kering dan berakhir dan ujung rambut bercabang.

Muncul Ketombe

Karena minyak rambut berkurang banyak akibat keramas setiap hari, kulit kepala akan menjadi kering. Oleh karena itu ketombe bermunculan sebab kulit yang kering membuat sel-sel kulit cepat mati dan terkelupas. 

Warna Rambut Memudar

Zat-zat kimia yang terdapat pada sampo akan berdampak pada pemudaran warna rambut. Warna rambut yang semula hitam berubah menjadi coklat kemerahan. Terlebih lagi bagi Sahabat Fimela yang mewarnai rambutnya, maka pigmen warna rambut tersebut lebih cepat pudar dari biasanya jika keramas setiap hari.

Rambut Rontok

Sering keramas malah membuat kekuatan rambut berkurang dan menyebabkan kerontokan. Hal ini terjadi sebab rambut lebih rapuh saat basah terkena air. Oleh karenanya semakin sering keramas maka rambut semakin rapuh dan akarnya melemah. Alhasil rambut rontok pun tidak bisa dihindari.

Iritasi Mata

Busa sampo seringkali masuk ke mata saat kita keramas. Hal ini membuat mata terasa panas dan perih karena zat kimia pada busa yang masuk ke mata. Setiap hari keramas membuat tingkat paparan busa sampo semakin besar. Jika dibiarkan terus-terusan tidak bisa dipungkiri akan menyebabkan iritasi mata. Oleh karena itu sebaiknya mengurangi intensitas berkeramas.

 

Tentunya rambut dan kulit kepala yang sehat adalah impian semua orang. Meskipun begitu, kita tidak perlu melakukan perawatan seperti keramas secara berlebihan yang berujung menimbulkan masalah kesehatan rambut itu sendiri. Cukup lakukan dengan intensitas normal sebanyak 2-3 kali seminggu untuk rambut yang sehat dan bersih. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading