Sukses

Health

7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Tubuh berkeringat setelah aktivitas fisik atau cuaca panas memang tidak nyaman. Selain terasa lembab, bau tidak sedap pada tubuh yang berkeringat sangat mengganggu diri sendiri dan orang lain. Tak hanya keringat, bau ketiak juga disebabkan oleh banyak hal seperti pubertas, pakaian sintetis, kondisi medis, dan faktor lainnya.

Memiliki ketiak dengan bau tidak sedap memang membuat kurang percaya diri. Apalagi bila sudah pakai pewangi tubuh tetapi bau tak sedap pada ketiak tetap tercium. Dilansir dari Style Craze, ada beberapa cara alami untuk mengatasi bau ketiakmu, seperti di bawah ini.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba yang dapat menetralkan aroma di area ketiak dan membantu melawan bakteri penyebab bau badan.

Cara menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan bau ketiak :

  • Siapkan kapas dan cuka sari apel
  • Tuangkan cuka sari apel pada kapas
  • Oleskan pada ketiak

Gunakan dua kali sehari setiap pagi setelah mandi dan setiap malam sebelum tidur.

2. Lavender Essential Oil

Minyak lavender dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit dan kesehatan, salah satunya mengatasi aroma tak sedap pada ketiak. Aroma minyak lavender yang harum dapat dapat menutupi bau tak sedap dan membunuh bakteri penyebab bau yang ada di ketiak.

Cara membuat :

  • Siapkan 1 gelas air, lalu teteskan 4-5 tetes lavender essential oil
  • Pindahkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan pada ketiak

Lakukan sebanyak dua kali sehari untuk hasil maksimal.

3. Baking Soda

Baking soda atau bubuk soda kue dapat membantu menjaga ketiak tetap kering dan bebas keringat. Sifat antibakteri pada soda kue dapat membantu melawan bakteri penyebab bau badan.

Cara membuat :

  • Campurkan 1 sendok makan soda kue dan 1 sendok makan perasan air lemon ke dalam wadah. Bila ingin porsi lebih banyak, siapkan dengan takaran yang sama
  • Aduk, lalu oleskan pada ketiak
  • Diamkan selama 2 hingga 3 menit, lalu bilas dengan sabun

Gunakan satu kali dalam seminggu. Sebagai catatan, cara ini dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang. Bila mengalami efek samping, hentikan pemakaian.

4. Coconut Oil

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah yang merupakan antimikroba yang kuat. Asam lemak rantai pada minyak kelapa dapat mencegah bakteri penyebab bau badan dan mengembalikan pH kulit pada ketiak.

Cara mengaplikasikan :

  • Oleskan minyak kelapa pada ketiak
  • Diamkan hingga meresap

Lakukan metode ini satu hingga dua kali dalam sehari setelah mandi.  Metode ini tidak dianjurkan untukmu yang memiliki infeksi jamur.

5. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah sumber yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bau ketiak. Selain penggunaan eksternal, lidah buaya juga dapat dikonsumsi dengan cara diminum untuk membantu detoksifikasi tubuh dan mengurangi bau tak sedap pada tubuh.

Cara mengaplikasikan :

  • Oleskan gel lidah buaya pada ketiak
  • Biarkan semalaman dna bilas keesokan paginya

Untuk dikonsumsi, olah lidah buaya menjadi jus dan minum seperempat cangkir jus setiap hari.

 

6. Mengganti Pakaian

Setelah melakukan aktivitsa seharian, tubuh akan mengeluarkan keringat berlebihan. Hal ini akan membuat area ketiak menjadi lebih lembap. Bakteri dan kotoran di area ketiak akan bercampur dengan keringat.

Jika Sahabat Fimela tidak mengganti baju, maka akan menyebabkan ketiak menjadi bau dan basah. Sebaiknya gantilah pakaianmu setelah beraktivitas seharian. Jangan lupa untuk mandi, agar ketiak bersih dan tidak bau. Kamu juga bisa menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, untuk menghilangkan bau ketiak.

7. Hindari Makanan Penyebab Bau

Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan bau ketiak. Sebaiknya makanan penyebab bau ini dihindari. Makanan yang bisa menyebabkan bau adalah pete, jengkol, durian, bawang putih dan sejenisnya.

Karena makanan ini memiliki kandungan sulfur yang menyebabkan bau tidak sedap. Selain memicu bau ketiak, makanan tersebut akan membuat nafas dan badan menjadi bau. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga bau badan tetap segar.

Sahabat Fimela, bila ingin mencoba metode di atas sesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu ya!

 

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading