Sukses

Health

5 Penyebab Sakit Kepala yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Sakit kepala merupakan masalah kesehatan yang bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sakit kepala adalah masalah kesehatan yang umum terjadi. Namun, jika sakit kepala terjadi terus menerus kamu perlu waspada Sahabat Fimela. Dikhawatirkan hal ini berhubungan dengan masalah kesehatan lain yang jauh lebih serius dan berbahaya. 

Bicara mengenai sakit kepala, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala. Mengutip dari laman yourtango.com, dikatakan jika ada beberapa penyebab sakit kepala yang sering terjadi namun jarang disadari. Beberapa penyebab ini bahkan merupakan aktivitas yang bisa saja kita temui sehari-hari. Apa saja? Simak yang berikut ini.

Stres

Penelitian menemukan jika stres bisa menjadi penyebab sakit kepala yang paling sering terjadi. Ketika pikiran seseorang stres, ia akan rentan sakit kepala. Ia juga rentan mengalami masalah kesehatan lain yang jauh lebih berbahaya. Selain stres, emosi dan amarah yang menggebu-gebu juga meningkatkan risiko sakit kepala. 

Posisi Duduk yang Salah

Siapa sangka bahwa posisi duduk yang salah bisa menyebabkan sakit kepala. Tapi itulah kenyataannya. Ketika kita duduk dengan posisi yang terlalu membungkuk dalam waktu lama, ini bisa meningkatkan risiko sakit kepala dan tubuh pegal-pegal. Duduk terlalu lama di depan komputer atau gawai juga meningkatkan risiko sakit kepala berkepanjangan.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon dalam tubuh terutama saat menjelang menstruasi, saat suasana hati buruk dan stres, bisa menyebabkan sakit kepala. Dr. Alexander Mauskop, MD, seorang ahli saraf dan Direktur utama New York Headache Center di New York mengungkapkan jika hormon bisa membuat seseorang sakit kepala hingga migrain. Bagi perempuan, sakit kepala akan lebih sering terjadi saat mesntruasi dan ovulasi. Hal ini mengingat hormon tubuh mengalami perubahan secara drastis.

Konsumsi Kafein

Konsumsi minuman berkafein juga bisa meningkatkan risiko sakit kepala. Bagi beberapa orang, kafein memang bisa meningkatkan semangat. Namun bagi beberapa orang lain, konsumsi kafein justru akan memperparah sakit kepala yang dirasakan.

Kurang Tidur

Ini adalah penyebab selanjutnya dari sakit kepala. Seseorang yang kurang tidur akan lebih mudah sakit kepala. Orang ini juga rentan memiliki suasana hati yang buruk dan kesehatan yang terganggu. 

Itulah beberapa penyebab dari sakit kepala yang sering terjadi namun jarang disadari. Semoga informasi ini bermanfaat. Untuk meredakan sakit kepala yang dialami setiap hari, sebaiknya miliki pola hidup sehat, istirahat cukup hindari segala hal yang bisa menyebabkan sakit kepala. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading