Sukses

Health

6 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bila Terserang Monkeypox

Fimela.com, Jakarta Virus cacar monyet atau monkeypox adalah virus yang saat ini sedang menyerang sebagian besar negara dibelahan dunia. Virus ini memerlukan perhatian yang sama besarnya seperti Covid 19. Kesehatan tubuh perlu dijaga agar tidak terjangkit virus.

Bila terlanjur terinfeksi virus, yang dapat dilakukan adalah tetap menjaga imun tubuh agar tidak turun. Selain itu, luka yang ditimbulkan oleh virus juga perlu diperhatikan.

Dilansir dari InStyle, pakar dermatologi memberi beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit saat terpapar cacar monyet. Berikut beberapa tips nya.

Kurangi Gesekan Pada Kulit

Saat mandi beberapa orang mungkin sering menggosok tubuhnya dengan cukup keras agar kotoran yang menempel hilang. Namun, bila terserang cacar monyet hindarilah menggosok tubuh terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan radang pada luka yang akan menyebabkan rasa tidak nyaman. Bersihkan kulit dengan teratur dengan cara yang lembut. Cara ini juga berlaku untuk mengaplikasikan lotion.

Gunakan Sabun Bebas Pewangi

Menggunakan sabun dengan bau tidak menyengat atau tidak mengandung pewangi sama sekali baik untuk dilakukan pasien cacar monyet. Akan lebih baik bila sabun yang digunakan adalah sabun khusus kulit sensitif.

Mandi dengan Air Hangat

Menggunakan air hangat untuk mandi baik untuk dilakukan pasien cacar monyet. Air hangat dapat memberi efek tenang pada kulit dan membantu mengurangi peradangan.

Gunakan Pelembap

Bila terinfeksi cacar monyet, pastikan rutin menggunakan pelembap. Kulit yang kering akan memicu rasa gatal pada kulit yang akan memperburuk luka cacar. Pelembap dengan bahan lidah buaya, ceramide, atau asam hialuronat bisa jadi pilihan.

Mengoleskan Krim Hidrokortison

Krim hidrokortison merupakan antiinflamasi, antialergi, dan antipruritus pada penyakit kulit. Krim ini berfungsi untuk menekan reaksi radang pada kulit. Mengoleskan krim hidrokortison pada luka cacar dapat membantu mengurangi peradangan.

Jangan Memencet Luka

Melihat luka benjolan berisi cairan pada cacar monyet mungkin membuatmu ingin menekan untuk mengeluarkan isinya. Namun, hal ini berbahaya dan berpotensi menyebarkan infeksi dari cairan luka. Biarkan luka pecah dengan sendirinya. Bila pecah, seka kotoran dengan handuk bersih atau tisu dengan lembut. Jika luka terbuka, balutlah dengan perban untuk mengurangi risiko paparan infeksi.

Sahabat Fimela, jaga kesehatan tubuhmu agar tidak terinfeksi cacar monyet. Perhatikan kebersihan dan tingkatkan imun tubuh dengan berolahraga dan konsumsi makanan bergizi.

Penulsi : Mufiidaanaiilaa Aifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading