Sukses

Health

5 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja, Salah Satunya Tingkatkan Produktivitas

Fimela.com, Jakarta Musik merupakan salah satu hal yang memiliki banyak manfaat buat kesehatan terutama kesehatan psikis. Beberapa penelitian menemukan jika mendengarkan musik bisa memperbaiki suasana hati. Mendengarkan musik baik dilakukan kapan saja termasuk salah satunya saat bekerja. Para ahli percaya jika mendengarkan musik untuk beberapa waktu saat bekerja memiliki banyak manfaat termasuk meningkatkan produktivitas.

Mengutip dari laman umgagency.com, mendengarkan musik saat bekerja bahkan bermanfaat menurunkan risiko stres, kecemasan dan rasa panik akibat kejaran deadline dari klien atau atasan. Berikut ini sekian manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mendengarkan musik saat bekerja. 

Meningkatkan Produktivitas

Penelitian menemukan jika mendengarkan musik saat bekerja bisa mendorong seseorang untuk lebih produktif. Para ahli menemukan fakta jika orang-orang yang terbiasa bekerja sambil mendengar musik justru lebih baik dalam performa kerjanya. Hal ini mengingat bahwa beberapa orang ini mengalami peningkatan mood atau memiliki suasana hati yang lebih baik saat bekerja sambil mendengar musik. 

Memperbaiki Suasana Hati

Jika ingin mendapatkan suasana hati yang lebih baik, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mendengar musik. Alunan musik yang indah, akan membuat perasaan jadi lebih baik. Para ahli menemukan jika mendengar musik akan membantu melepaskan hormon dopamin di otak. Dopamin adalah hormon yang membantu seseorang merasa lebih bahagia, tenang dan nyaman.

Menurunkan Risiko Stres

Saat perasaan menjadi bahagia dengan mendengar musik selama bekerja, ini akan membantu seseorang terhindar dari risiko stres. Diketahui musik cukup berperan penting dalam menurunkan risiko stres, rasa panik dan kecemasan selama bekerja. Situasi kerja yang terkadang membuat perasaan cemas dan pikiran stres, akan terasa lebih menyenangkan serta santai dengan alunan musik yang indah dan menenangkan.

Fokus dalam Bekerja

Mendengar musik saat bekerja dipercaya bermanfaat meningkatkan fokus. Para ahli menemukan jika fokus ini berhubungan erat dengan suasana hati dan tingkat stres dalam diri seseorang. Semakin bahagia atau baik suasana hati seseorang, maka akan semakin rendah tingkat stresnya. Semakin baik suasana hati seseorang, akan membuatnya semakin fokus, teliti dan lebih baik dalam bekerja. 

Memotivasi Diri

Mendengar musik saat bekerja juga bermanfaat memotivasi diri. Seseorang bisa saja mendapatkan ide cemerlang untuk lebih baik dalam bekerja setelah mendengarkan musik.

Itulah beberapa manfaat dari mendengar musik saat bekerja. Mulai sekarang, jangan ragu untuk mendengarkan musik sambil bekerja atau sesekali mendengarkan musik demi mengembalikan mood dan memperbaiki suasana hati selama bekerja. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading