Sukses

Health

Indonesia Ranking 1 Dalam Permainan TB Warriors yang Menggerakkan Generasi Muda Lawan TBC

Fimela.com, Jakarta Untuk memerangi tuberkulosis atau TB/TBC tentunya kita harus mengenal dan memahami apa penyebab dan bagaimana penanganannya. Meski sosialisasi terus digencarkan berbagai pihak, nyatanya masih banyak yang belum sepenuhnya memahami TBC. 

Melihat hal tersebut, Johnson & Johnson (J&J) Global Public Health di Asia Tenggara meluncurkan kampanye 'United Against TB', salah satunya Indonesia. PT Johnson & Johnson Indonesia pun ikut mendukung upaya penanggulangan penyakit TBC lewat program TB Warriors. 

Mengingat kampanye menyasar pada usia produktif, yaiut 15-34 tahun, J&J Indonesia membuat inovasi lewat pendekatan kreatif, lewat gamifikasi yang dikemas dalam bentuk filter sosial media dan terbaru permainan virtual 'TB Warriors'.

Jika dalam kampanye gelombang pertama, J&J meluncurkan empat Augmented Reality Filter, di gelombang kedua, ada permainan 'Hunt & Find' (Cari & Temukan) TB Warriors. Permainan ini sudah diluncurkan di bulan Juni 2022 dengan menggandeng ilustrator dan kartunis Indonesia M Syaifuddin Ifoed.

Indonesia Ranking Satu

Dalam permainan ini para pemain ditantang untuk menemukan karakter pada gambar ilustrasi yang menunjukkan lokasi keramaian, dengan cara mencari dan menemukan ‘karakter gambar’ yang menunjukkan gejala TBC sebanyak-banyaknya dalam waktu secepat mungkin. Setelah berhasil menemukan semua karakter tersebut, pemain akan mendapatkan akses menuju informasi terkait edukasi lebih lanjut mengenai TBC dan gejalanya.

“Generasi muda merupakan kelompok yang rentan terkena dampak TBC secara tidak proporsional. Namun demikian, generasi muda juga dikenal memiliki jejaring sosial yang luas sehingga memiliki pengaruh yang luar biasa sebagai katalis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengaktifkan partisipasi mereka sebagai agen perubahan dalam menanggulangi TBC,” ujar Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia dalam Media Briefing & Casual Talk TB Warrior, akhir pekan lalu.

Setelah Johnson & Johnson meluncurkan permain virtual TB Warriors, kini data yang tercatat dari permainan edukasi tersebut, per 2 September 2022, menunjukkan bahwa terdapat 6460 pejuang Tuberkulosis di seluruh dunia. Data menunjukan bahwa Indonesia unggul pada urutan nomor satu dalam memainkan game TB Warriors tersebut dengan angka terbanyak yaitu terdapat di angka 3343 dari 6460 total pemain di Asia.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading