Sukses

Health

4 Tips Perawatan Kulit untuk Penderita Eczema

Fimela.com, Jakarta Eczema atau eksim adalah kondisi kulit yang terjadi pada beberapa orang di mana kulit terasa gatal, kering, iritasi, dan merah. Biasanya eksim terjadi pada bayi atau balita yang dapat bertahan hingga dewasa namun juga dapat dialami oleh segala usia.

Melansir dari Health Line, penyebab eksim tidak sepenuhnya diketahui. Eksim cenderung terjadi pada kulit yang mengalami iritasi eksternal dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan. Faktor eksternal dan internal yang dapat memicu timbulnya eksim antara lain deterjen, asap rokok, bahan kasar seperti wol, perubahan suhu, keringat, bulu binatang, alergi makanan, dan banyak lagi.

Dilansir dari National Eczema tidak ada obat untuk menyembuhkan eksim, namun terdapat perawatan khusus yang dapat dilakukan. Perawatan yang dapat dicoba antara lain:

1. Mandi dan Menggunakan Pelembap Tubuh

Orang dengan eksim pada umumnya memiliki kulit yang sangat kering. Eksim terjadi saat skin barrier pada kulit mengalami kerusakan atau cacat. Trauma kulit seperti garukan dan gosokan akan memperparah peradangan eksim. Cara paling efektif untuk mengatasi kulit kering yang gatal adalah dengan memberikan kelembapan yang dibutuhkan dan mempertahankannya. Mandi dan menggunakan pelembap adalah cara terbaik menjaga kelembapan kulit.

Tips mandi dan menggunakan pelembap bagi penderita eksim:

  • Mandi dengan air hangat setidaknya satu kali sehari
  • Gunakan sabun tanpa aroma dan khusus kulit sensitif
  • Hindari menggosok kulit
  • Tepuk-tepuk ringan tubuh untuk mengeringkan setelah mandi, jangan digosok
  • Gunakan obat untuk eksim yang diresepkan dokter pada luka eksim
  • Oleskan pelembap ke seluruh tubuh setelah kering, dan ulangi penggunaan pelembap setidaknya dua kali dalam sehari

2. Terapi Kain Basah

Membungkus kulit yang meradang saat eksim dengan kain basah adalah salah satu cara untuk menghidrasi dan menenangkan kulit. Rendam kain dengan air sebelum menggunakannya untuk membungkus luka eksim. Selain kain, boleh juga menggunakan kasa. Waktu yang tepat untuk terapi kain basah sesaat setelah mandi atau setelah mengoleskan obat pada eksim. Gunakan pakaian yang longgar selama membungkus luka eksim dan biarkan semalaman.

3. Mengonsumsi Vitamin dan Suplemen

Mengonsumsi vitamin dan suplemen dipercaya dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa vitamin dan suplemen umum yang umum digunakan untuk mengelola eksim antara lain:

  • Vitamin D
  • Minyak ikan
  • Zinc
  • Vitamin B12 topikal
  • Prebiotik dan probiotik
  • Kunyit

Beberapa vitamin dan suplemen mungkin akan berbahaya bila diminum bersamaan dengan obat dari resep dokter. Untuk menghindari efek samping, konsultasikan pada dokter.

4. Minyak Kelapa

Studi menunjukkan bahwa rutin menggunakan minyak kelapa dapat mengurangi bakteri staph pada kulit yang menyebabkan infeksi. Oleskan minyak kelapa satu atau dua kali sehari pada kulit yang lembab. Bila memberi efek buruk, hentikan penggunaan

Perawatan untuk eksim tergantung pada tingkat keparahan dan jenisnya. Perawatan paling dasar yang dapat dilakukan adalah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan pemeriksaan rutin dengan dokter.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Loading