Sukses

Health

Waspadai, 5 Penyakit Ini Sering Muncul di Musim Penghujan

Fimela.com, Jakarta Musim hujan identik dengan awan mendung dan tanah becek yang sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain sedia payung dan jas hujan untuk mengantisipasi kehujanan di jalan, kita juga perlu mengatasi penyakit yang kerap menyerang di musim ini. Lingkungan yang tergenang air dan kotor sudah tentu menjadi sarang penyakit. Ditambah lagi dengan suhu yang dingin membuat diri kita rentan terkena penyakit.

Oleh karena itu kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit. Kamu bisa berolahraga di dalam ruangan, mengkonsumsi makanan sehat, dan juga minum ramuan herbal untuk menjaga stamina tubuh. 

Perlu kamu ketahui juga, berikut ini adalah 5 penyakit yang sering muncul di musim penghujan dan juga cara pencegahannya. 

Flu

Salah satu penyakit yang umum ditemukan adalah flu atau influenza. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini sangat mudah menular dari satu orang ke yang lain. Oleh karena itu disarankan agar penderita flu menjaga kontak dengan orang lain agar tidak menularkan penyakit tersebut. Saat kamu terserang flu, lebih baik segera mengkonsumsi obat, makan makanan sehat, dan istirahat yang banyak untuk segera menyembuhkannya.

Malaria

Genangan air yang mudah dijumpai saat musim hujan adalah rumah yang nyaman bagi para nyamuk untuk berkembang biak. Salah satu jenis nyamuk yang perlu diwaspadai adalah jenis anopheles penyebab penyakit malaria yang berbahaya. Untuk mencegahnya, kamu harus rajin membersihkan lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Diare

Selain nyamuk yang berkembang pesat, lalat juga hewan yang banyak bertebaran saat musim hujan. Lingkungan yang kotor adalah sarang yang sehat bagi hewan ini. Oleh karena itu kita harus waspada pada makanan yang kita beli dari luar. Sebelum mengkonsumsi sesuatu harus dibersihkan terlebih dahulu agar terjamin kebersihannya.

DBD

Sama halnya dengan malaria, DBD atau demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, khususnya dalam kasus ini adalah nyamuk jenis Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Banyak korban berjatuhan yang disebabkan oleh penyakit ini yang tentunya membuat DBD sebagai momok menakutkan saat musim hujan. Kamu bisa membuang air pada wadah-wadah yang memunculkan genangan agar tidak menjadi tempat bersarang nyamuk. Kamu juga harus sering menguras air pada kamar mandi yang bisa juga menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

Demam Tifoid/Tipes

Penyakit tipes ini muncul dari bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi yang terdapat pada makanan yang terkontaminasi. Kita harus benar-benar memastikan kebersihan makanan kita sebelum menyantapnya agar tidak terkena bakteri ini.

Nah, sekarang Sahabat Fimela jadi tahu apa saja penyakit yang mudah menyerang saat musim hujan tiba. Kita harus pandai-pandai menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan konsumsi makanan bersih dan sehat, tambah dengan vitamin atau suplemen, serta membersihkan lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang penyakit. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading