Sukses

Health

5 Penyebab Tangan Sering Berkeringat yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Apakah Sahabat Fimela sering mengalami tangan yang berkeringat? Gejala tangan berkeringat ini harus diwaspadai. Karena ada beberapa penyakit serius yang memiliki gejala tangan berkeringat.

Tangan yang selalu berkeringat tentu saja membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Kondisi ini sering dijadikan sebagai gejala penyakit jantung. Namun sebenarnya bisa saja tangan yang berkeringat menunjukkan kalau kondisi suhu dalam tubuh sedang tinggi.

Cara mengatasi tangan sering berkeringat bisa dilakukan secara medis maupun alami. Sahabat Fimela juga bisa berkonsultasi kepada dokter terkait dengan kondisi yang sedang dirasakan saat ini. Agar lebih waspada dengan kondisi tubuh, cek penyebab tangan berkeringat berikut ini:

Penyebab Tangan Sering Berkeringat

1. Hiperhidrosi

Penyebab tangan berkeringat yang pertama adalah karena hiperhidrosis. Kondisi ini disebabkan karena kelenjar keringat mengeluarkan keringat yang berlebihan. Tak hanya pada tangan saja, keringat berlebih bisa muncul di bagian tubuh manapun.

2. Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan karena kadar gula darah dalam tubuh tinggi. Penyakit diabetes dapat mengakibatkan kerusakan saraf di dalam tubuh. Jika saraf pada kelenjar keringat rusak, maka dapat menjadi penyebab tangan sering berkeringat atau bagian tubuh lainnya.

3. Hipertiroid

Tiroid yang sedang aktif atau kelebihan tiroid bisa dijadikan sebagai penyebab tangan berkeringat. Saat mengalami hipertiroid, tubuh akan memproduksi hormon tiroksin lebih banyak. Kemudian jantung akan berdegup lebih kencang dan menyebabkan keringat.

Penyebab Tangan Sering Berkeringat yang Selanjutnya

4. Stres

Tak hanya disebabkan karena penyakit tertentu. Tangan sering berkeringat juga bisa terjadi akibat stres dan gugup. Hal ini sangat wajar terjadi, karena stres dan gugup menyebabkan suhu tubuh tinggi dan jantung berdegup cepat.

5. Mengalami Infeksi

Penyebab tangan sering berkeringat yang terakhir adalah karena mengalami infeksi atau cedera. Tangan berkeringat ini dijadikan pertanda bahwa seseorang sedang mengalami infeksi virus tuberkulosis, HIV, infeksi tulang (osteomielitis), atau abses. Kondisi ini juga merupakan gejala dari cedera tulang belakang.

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat

1. Hindari Penyebab

Sebenarnya tangan berkeringat juga bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Jika kamu sering mengonsumsi makanan pedas, minum kafein, atau panas-panasan, maka akan menyebabkan keringat muncul berlebihan. Untuk itu, hindari penyebab suhu tubuh menjadi tinggi agar tidak berkeringat.

2. Lakukan Relaksasi

Kalau Sahabat Fimela sering merasa stres dan gugup saat beraktivitas, ada baiknya untuk melakukan relaksasi terlebih dahulu. Mungkin kamu bisa mencoba beberapa teknik yoga, mendengarkan musik yang menenangkan, atau melakukan teknik pernapasan panjang. Lakukan relaksasi secara rutin, maka tubuh dan pikiranmu akan lebih tenang.

3. Konsultasi Dokter

Konsultasi dengan dokter adalah cara terbaik untuk mengatasi tangan berkeringat. Dokter akan mendiagnosa kondisi tubuhmu saat ini, lalu akan memberikan resep yang cocok dengan kondisimu. Tak perlu takut untuk berkonsultasi kepada dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading