Sukses

Health

Mengenal 5 Manfaat Jojoba Oil untuk Tubuh, Mulai dari Perawatan Rambut hingga Kulit

Fimela.com, Jakarta Jojoba oil adalah ekstrak minyak yang diperoleh dari tanaman biji buah jojoba. Tanaman ini umum ditemukan di daerah Amerika Utara dan sekarang sudah tersebar ke seluruh dunia dengan penggunaannya di dalam berbagai produk perawatan. Kita sering menjumpai komposisi jojoba oil pada produk perawatan rambut, tubuh, dan wajah karena memang jojoba oil mengandung banyak kandungan yang bermanfaat. Tidak heran jika minyak alami ini populer di dalam produk-produk perawatan tersebut. 

Jojoba oil kaya akan kandungan vitamin E nya yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut. Selain itu terdapat pula kandungan lemak baik yang turut menambah daftar manfaat dari jojoba oil ini. 

Dikutip dari Organic Facts, ini dia beberapa manfaat yang ditawarkan oleh jojoba oil. Yuk simak apa aja!

Melembapkan Kulit

Beberapa senyawa yang terdapat pada jojoba oil mampu menyerap ke dalam kulit dengan baik. Mereka melindungi kelembapan pada kulit dengan mengunci kandungan baik di dalam sel kulit. Jojoba oil juga membantu mencegah adanya kulit kering bahkan tumit yang pecah-pecah juga dapat diatasi. Kamu bisa menggunakan body lotion dengan kandungan jojoba oil untuk melembabkan kulit saat seharian beraktivitas di luar. 

Bertindak sebagai Anti Penuaan

Tanda-tanda penuaan seperti kerutan, bintik-bintik hitam, serta wajah kusam selain disebabkan oleh faktor usia bisa juga diperparah dengan adanya paparan radikal bebas. Dalam hal ini senyawa antioksidan pada jojoba oil dapat menangkal radikal bebas dan bisa meningkatkan elastisitas kulit, meminimalkan penampilan kerutan, dan membuat wajah berseri.

Mengobati Eksim pada Kulit

Eksim adalah penyakit kulit yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa gatal yang ditimbulkan membuat tidak nyaman serta kondisinya yang membuat kulit kemerahan dan meradang akan mengganggu penampilan. Buat kamu yang tengah melawan eksim bisa mulai coba memanfaatkan jojoba oil untuk membantu mengobatinya. Mengaplikasikan jojoba oil secara teratur dapat melawan infeksi jamur, virus, atau bakteri yang menjadi penyebab penyakit kulit.

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Selain melembabkan kulit tubuh dan wajah, kamu juga bisa menggunakan minyak ini untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Cara kerjanya sama, yaitu memberikan kelembapan ekstra pada kulit bibir yang kering dan mengelupas. Nantinya jojoba oil akan memberi kesan bibir yang lembap dan sehat. 

Menyehatkan Rambut

Jojoba oil sudah terkenal sangat bermanfaat untuk rambut. Di antara manfaat tersebut antara lain mencegah kerontokan rambut, mengurangi kulit rambut yang berminyak, serta menghilangkan ketombe. Kandungan pada jojoba oil akan menghilangkan minyak dan partikel lain yang menyumbat pori-pori rambut, kemudian menyehatkan akarnya sehingga membuat rambut tumbuh normal dan tidak mudah rontok. Selain itu sifat pelembab, antibakteri, dan anti-inflamasi dari minyak jojoba dapat mencegah kulit kering yang berarti bisa menghempaskan ketombe. 

Kamu bisa memperoleh manfaat dari jojoba oil dengan menggunakan produk yang mengandung bahan ini atau kamu juga dapat mengaplikasikan langsung jojoba oil ini ke bagian tubuh yang ingin dirawat. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading