Sukses

Health

5 Fakta Nutrisi Quinoa yang Perlu Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Quinoa adalah jenis biji-bijian yang berasal dari daratan Amerika Selatan. Terkenal dengan sebutan superfood sebab quinoa memiliki ragam nutrisi dengan sejuta manfaat untuk tubuh. Sekarang ini tren mengganti nasi dengan quinoa sudah mulai diikuti oleh orang-orang di beberapa belahan dunia setelah mengetahui kandungan nutrisi di dalamnya. Padahal jauh sebelum itu penduduk asli dari daratan Amerika Selatan ini sudah mengkonsumsi quinoa dan mendapatkan manfaatnya.

Di Indonesia sendiri mengkonsumsi quinoa masih kurang diminati daripada beras. Namun jika kamu ingin memulai sesuatu yang amat sehat, quinoa bisa jadi opsi dalam menu kamu.

Dilansir dari healthline, berikut ini adalah 5 fakta nutrisi dari quinoa yang perlu kamu tahu. 

Mengandung Antioksidan dan Antiradang

Terdapat dua senyawa flavonoid dalam quinoa yakni quercetin dan kaempferol. Mereka adalah flavonoid utama yang ditemukan di quinoa dimana bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Hal ini berarti mereka bermanfaat dengan melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid seperti quinoa dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan melindungi terhadap penyakit tertentu.

Kaya Akan Serat Dibandingkan Biji-Bijian Lain

Nutrisi lain yang banyak terkandung pada quinoa adalah serat. Quinoa memiliki yang tinggi dimana dalam satu mangkuk (sekitar 185 gram) quinoa matang mengandung 5,18 gram serat. Memenuhi 18% kebutuhan serat tubuh. Hal ini membuat kandungan serat pada quinoa mengalahkan biji-bijian lainnya seperti beras merah. Menambahkan makanan kaya serat seperti quinoa ke dalam menu makanan kamu dapat membantu kesehatan pencernaan dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Ditambah lagi dengan serat yang tinggi ini membuat quinoa menjadi pengganjal lapar yang pas ketika kamu sedang merencanakan program penurunan berat badan.

Bebas Gluten

Bagi beberapa orang gluten adalah kandungan makanan yang menjadi musuh mereka dan harus dihindari agar tidak menimbulkan masalah kesehatan nantinya. Jika kamu adalah seseorang yang harus menghindari gluten maka quinoa adalah pilihan yang tepat. Sebab dia secara alami bebas gluten dan kaya akan gizi. Selain bebas gluten, kamu juga bisa mendapatkan manfaat nutrisi lain seperti serat, folat, zinc, dan magnesium.

Sumber Protein yang Baik

Quinoa adalah sumber protein yang baik dan hampir lengkap. Bagaimana tidak, hal ini karena quinoa mengandung sembilan asam amino penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Dengan memasukkan quinoa ke dalam makanan kamu maka hal itu sudah membantu terpenuhinya kebutuhan protein harian tubuh. Dia sendiri mengandung 8 gram protein dalam satu mangkuk (sekitar 185 gram) quinoa matang. Teruntuk kamu yang menjalani diet vegan, quinoa menjadi sumber protein nabati yang pas. Kamu tinggal menggabungkan quinoa dengan bahan makanan lain seperti kacang-kacangan dan sayuran untuk mendapatkan khasiat yang baik.

Tinggi Kandungan Vitamin dan Mineral

Quinoa tinggi akan kandungan vitamin dan mineral seperti folat, kalium, zat besi, dan magnesium. Quinoa yang kaya dengan vitamin dan mineral ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin pada saat kehamilan. Perlu diketahui juga jika quinoa mengandung anti nutrisi seperti saponin, tanin, asam fitat yang dapat mengurangi penyerapan zat besi dan magnesium dalam tubuh. Namun tenang saja, dengan membilas atau merendam quinoa sebelum dimasak dapat mengurangi kandungan antinutrisi ini. Quinoa juga mengandung oksalat yang cukup tinggi dan tidak cocok dikonsumsi untuk penderita batu ginjal.

Banyak sekali nutrisi yang bisa kita dapatkan dari quinoa seperti serat, protein, hingga beragam vitamin dan mineral yang tentunya bermanfaat untuk tubuh. Kamu bisa mulai memasukkannya ke dalam menu makan kamu untuk memperoleh nutrisi baiknya. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading