Sukses

Health

5 Penyebab Gigi Ngilu Saat Konsumsi Makanan Dingin dan Panas

Fimela.com, Jakarta Gigi menjadi salah satu anggota tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Salah satu tips menjaga kesehatan gigi adalah dengan sikat gigi rutin minimal dua kali sehari setiap selesai makan dan sebelum tidur. Ketika gigi tidak dijaga kesehatannya dengan baik, ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan gigi salah satunya masalah gigi ngilu saat kita mengonsumsi makanan dingin pun makanan panas. 

Pernahkah Sahabat Fimela mendapati gigi terasa ngilu bahkan sakit saat mengonsumsi es krim yang dingin atau bakso yang panas? Ketika gigi ngilu saat makan makanan dengan suhu tertentu, ini menandakan bahwa kamu mengalami gigi sensitif. Mengutip dari laman healthline.com, gigi sensitif umumnya terjadi karena lapisan enamel atau lapisan luar gigi telah terkikis. Ini juga bisa terjadi karena akar gigi tidak terlindungi dengan baik. 

Ada beberapa penyebab umum kenapa gigi jadi lebih sensitif sehingga meningkatkan risiko ngilu saat makan makanan dingin atau panas. Penyebab tersebut antara lain sebagai berikut:

Kerusakan Gigi

Penyebab pertama adalah rusaknya gigi. Berbagai masalah gigi sering kali menyebabkan gigi jadi lebih sensitif. Gigi yang patah, retak, berlubang atau gigi yang tambalannya terbuka bisa membuat gigi rentan ngilu atau sakit.

Terlalu Keras dalam Menyikat Gigi

Para ahli percaya jika kebiasaan menyikat gigi juga menyebabkan gigi jadi lebih sensitif. Ketika kita menyikat gigi terlalu keras, ini bisa membuat lapisan enamel gigi terkikis dan membuat gigi lebih sensitif.

Pasta Gigi yang Kurang Tepat

Penggunaan pasta gigi yang kurang tepat juga menyebabkan gigi menjadi sensitif. Beberapa pasta gigi yang mengandung soda, pemutih dan peroksida bisa membuat gigi jadi lebih sensitif. Sikat gigi sesaat setelah makan dengan pasta gigi yang kurang tepat bahkan bisa dipercaya memperparah masalah gigi sensitif. Sebaiknya pilih sikat gigi yang tepat dan sikatlah gigi paling tidak setengah jam setelah makan.

Sering Konsumsi Makanan Asam

Sering mengonsumsi makanan asam juga akan menyebabkan gigi lebih sensitif. Makanan asam seperti tomat, jeruk, acar, teh dan kopi bisa menyebabkan enamel pada gigi terkikis zat asam pada makanan tersebut. Inilah yang kemudian membuat gigi rentan sensitif dan mudah ngilu saat makan makanan dingin, panas maupun asam.

Penumpukan Plak

Saat terjadi penumpukan plak di gigi, ini juga bisa membuat gigi jadi lebih sensitif. Penumpukan plak bisa terjadi karena kita jarang sikat gigi, kita mengunyah hanya pada satu sisi gigi dan seringnya konsumsi makanan yang merusak gigi seperti makanan manis serta asam. 

Itulah beberapa penyebab dari gigi ngilu atau sensitif. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk, makin bijak lagi dalam menjaga kesehatan serta kebersihan gigi. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi setidaknya setiap enam bulan sekali.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading