Sukses

Health

9 Penyebab Kolesterol Tinggi Selain yang Terdapat Pada Makanan

Fimela.com, Jakarta Kolesterol merupakan zat lilin yang ditemukan di dalam darah, tentu tubuh sangat membutuhkan kolesterol untuk membangun sel yang sehat. Akan tetapi, ternyata kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkanrisiko penyakit jantung.

Tentu kolesterol yang tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Kolesterol yang tinggi juga dapat diturunkan, tetapi hal ini seringkali sering disebabkan oleh adanya haya hidup yang tidak sehat dan dapat diobati serta dicegah dengan baik.

Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat serta pola makan yang teratur, maupun olahraga juga dapat mengatasi masalah satu ini. Ada banyak kemungkinan penyebab kolesterol tinggi, berikut beberapa penyebab kolesterol tinggi yang dapat terjadi:

1. Stres

Stress kronis yang sering terjadi ternyata dapat menyebabkan kolesterol tinggi, hormon stress seperti kortisol dan adrenalin juga dapat memicu perubahan yang menyebabkan gula darah. Sangat penting bagi kamu untuk mengatasi stress yang sering terjadi.

2. Obat-Obatan

Beberapa obat yang dikonsumsi terkadang memiliki efek yang berbeda, termasuk dapat mempengaruhi kolesterol seseorang. Beberapa obat-obatan seperti pil KB, retinoid, antivirus, diuretic, dan beberapa obat lainnya. Jika kamu mendapatkan obat, cobalah untuk menanyakan kepada dokter apa efek samping dari obat tersebut.

3. Masalah Tiroid

Tubuh menggunakan hormon tiroid untuk membantu serta menghilangkan kolesterol ekstra yang tidak dibutuhkan. Selain itu jika kamu memiliki tiroid yang kurang aktif atau masalah hipotirpoidisme, mungkin akan menyebabkan kolesterol naik.

4. Menopause

Hormon seks esterogen juga dapat mempengaruhi kadar kolesterol seseorang, selain itu esterogen yang dapat terjadi pada masa menopause juga dapat menyebabkan kolesterol baik. Hal ini tentu menandakan kolesterol akan memburuk pada banyak perempuan yang lebih tua.

5. Sering Duduk

Tubuh harus digerakkan sesekali, itulah mengapa sangat penting bagi tubuh untuk berolahraga. Seseorang yang sering duduk selama berjam-jam tentu tidak baik untuk kesehatan, selain itu duduk yang telalu lama juga dapat menyebabkan enzim mengubah kolesterol dan membuatnya naik.

6. Kehamilan

Selama masa kehamilan, tubuh akan menggunakan kolesterol untuk membantu janin tumbuh serta berkembang. Hal ini tentu dapat membuat kadar kolesterol akan naik lebih tinggi dari biasanya, terkadang kenaikan kolesterol yang tiba-tiba ini tidak terlalu membahayakan ibu hamil maupun bayi.

7. Terlalu Banyak Alkohol

Terlalu sering mengonsumsi alkohol ternyata dapat memberikan efek yang buruk untuk kesehatan tubuh, selain itu hal ini juga dapat memberikan pengaruh pada kolesterol. Mulai sekarang cobalah untuk berhenti mengonsumsi alkohol berlebih.

8. Diet Tinggi Gula

Lemak jenuh dapat menyebabkan masalah pada jantung, selain itu terlalu banyak gula juga menjadi penyebabnya. Diet tinggi pada makanan manis sendiri dapat menyebabkan hati dan membuatnya memiliki kolesterol berlebih.

9. Minum Kopi

Jika kamu sering minum beberapa kopi yang sangat pahit atau tanpa melalui penyaringan terlebih dahulu, seperti espresso ternyata dapat menimbulkan masalah pada kolesterol. Hal ini dikarenakan kopi yang tidak melalui proses filter akan meninggalkan senyawa berminyak dalam biji.

Nah, itulah beberapa penyebab kolesterol meningkat yang dapat terjadi pada selain makanan yang perlu kamu waspadai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading