Sukses

Health

Benarkah Telat Makan Malam Bisa Memperburuk Kesehatan? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Makan malam menjadi aktivitas yang penting untuk dilakukan. Mengenai makan malam, para ahli menyarankan agar makan malam rutin dilakukan sebelum jam 7 malam. Namun sayangnya, banyak orang yang memilih melewatkan makan malam dengan alasan agar berat badannya tetap ideal. 

Padahal, tidak makan malam belum tentu menjamin seseorang bisa memiliki berat badan ideal. Ini justru akan meningkatkan risiko ia merasa lapar saat malam. Dan memicu makan malam di waktu yang lebih malam. Saat seseorang sering makan malam di waktu yang telat atau di atas jam 8 malam, ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan. 

Karena apa? Karena idealnya saat malam tubuh harusnya istirahat. Telat makan artinya, tubuh harus masih tetap bekerja mencerna makanan saat malam. Inilah yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan nantinya. 

Bahaya Telat Makan Malam

Ada beberapa risiko atau bahaya yang akan dirasakan seseorang ketika ia sering telat makan saat malam. Beberapa risiko tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Kenaikan Berat Badan

Mengutip dari laman livestrong.com, telat makan bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Ini mengingat makan malam di atas jam 7 malam bisa membuat tubuh tidak bekerja dengan baik dalam mencerna makanan karena ia harusnya istirahat. Para ahli percaya jika makan malam di atas jam 8 malam bisa menyebabkan obesitas. 

2. Meningkatkan Risiko GERD

Makan malam terlambat bisa menyebabkan risiko GERD atau naiknya asam lambung. Telat makan memungkinkanmu tidur kurang dari 1 atau 2 jam setelah makan. Inilah yang bisa meningkatkan risiko GERD dan masalah sistem pencernaan lainnya. 

3. Metabolisme Tubuh Melambat

Risiko makan malam terlambat selanjutnya adalah metabolisme tubuh yang melambat. Metabolisme berfungsi membakar kalori dan mengubahnya jadi energi. Ketika kita terlambat makan malam, maka metabolisme tubuh akan terhambat. Tubuhpun tak bisa memproses kalori dan mengubahnya jadi energi.

4. Mudah Lelah

Pernahkah kamu merasa mudah lelah meski sudah beristirahat cukup setiap harinya? IIngat-ingat lagi apakah kamu sering telat makan? Jika iya, makan itulah penyebabnya. Penelitian menemukan jika telat makan bisa meningkatkan risiko mudah lelah. Ini juga bisa meningkatkan risiko tingkat konsentrasi jadi lebih rendah dan tidak bisa fokus. 

Well Sahabat Fimela, jangan sampai sering melewatkan makan malam ya? Pastikan untuk makam malam secara rutin setiap harinya, konsumsi makanan yang kaya nutrisi dan gizi serta dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan kalori. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading