Sukses

Health

Penyebab Tangan dan Kaki Dingin, Tidak Selalu Karena Cuaca Dingin

Fimela.com, Jakarta Kedinginan sebenarnya adalah hal yang cukup umum dialami oleh banyak orang. Biasanya kedinginan terjadi kalau cuaca sedang dingin. Ketika kamu mengalami kedinginan, badanmu pasti jadi gemetar. Mengapa demikian? Ternyata gemetar itu salah satu cara tubuh untuk menaikkan suhu melalui gerakan dari sendi-sendi otot.

Namun bagaimana jika suhu udara sedang normal namun kamu merasa kedinginan? Apalagi jika yang merasakan dingin bukan seluruh tubuh tapi hanya kaki dan tangan saja. Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan tangan dan kaki terasa dingin selain karena cuaca dingin.

Apa saja penyebabnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Kaki dan Tangan Dingin Meskipun Cuaca Tidak Dingin

1. Anemia

Kekurangan sel darah merah dapat memicu telapak kaki dingin, terutama pada kasus anemia berat. Anemia defisiensi besi dapat terjadi pada siapa saja dengan gejala yang sering dianggap enteng. Hal ini dapat diatasi dengan memperbaiki asupan nutrisi, atau mengonsumsi suplemen dan menjalani pengobatan berdasarkan anjuran dokter.

2. Hipotiroidisme

Kondisi ini terjadi saat kelenjar tiroid kurang aktif dan tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Hipotiroidisme menyebabkan penurunan metabolisme tubuh yang juga menurunkan detak jantung dan suhu tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan sirkulasi berkurang, sehingga penderitanya mudah kedinginan, termasuk di telapak kaki.

3. Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud adalah gangguan suplai darah ke bagian tubuh, terutama jari tangan dan kaki. Kondisi ini tergolong umum dialami. Penyakit Raynaud biasanya dipicu oleh kecemasan, stres, dan cuaca dingin, yang menyebabkan pembuluh darah menyempit.

Area tubuh yang terkena penyakit ini akan berubah menjadi pucat atau kebiruan dan teraba dingin, namun akan berubah menjadi merah dan hangat saat aliran darah kembali. Adapun gejala lain yang bisa terjadi bersaman dengan rasa dingin adalah rasa sakit dan mati rasa. Hal ini bisa dikendalikan dengan menghindari suhu dingin dan memakai sarung tangan.

 

Hal Lain yang Menjadi Penyebab Kaki dan Tangan Dingin

4. Anorexia Nervosa

Penyakit ini merupakan gangguan makan dan juga kondisi kesehatan mental yang serius. Seseorang yang mengalami anorexia membatasi asupan makanannya secara berlebihan untuk menurunkan berat badan.

Pada akhirnya, berat badan penderita menjadi jauh di bawah normal, yang tentunya tidak sehat dan menyebabkan buruknya sirkulasi darah. Selain itu penderita anorexia hanya memiliki sedikit lapisan lemak di bawah kulit, sehingga sangat rentan terhadap suhu dingin.

5. Diabetes

Kerusakan saraf akibat gula darah yang tinggi pada penderita diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 juga bisa menyebabkan telapak kaki dingin. Jika kamu mengalami ini, segera temui dokter agar gula darah bisa dikontrol dengan baik.

Selain karena penyakit, efek samping dari obat-obatan juga dapat memicu telapak kaki dingin. Terutama obat golongan penghambat beta (beta blocker) yang biasa diresepkan untuk tekanan darah tinggi (hipertensi) dan gagal jantung.

Hal tersebut dikarenakan penghambat beta dapat menurunkan aktivitas jantung dan sirkulasi darah. Maka dari itu, tidak disarankan mengonsumsi penghambat beta tanpa resep dari dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading