Sukses

Health

5 Manfaat Mengonsumsi Kopi Hitam untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Banyak orang memiliki kebiasaan untuk minum kopi di pagi hari atau setiap hari. Rasanya yang nikmat membuat kopi banyak disukai orang, tak terkecuali kopi hitam. Walaupun rasanya pahit, kopi hitam tetap memiliki kenikmatan bagi beberapa orang. Ternyata tak hanya nikmat, kopi hitam juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Banyak penelitian yang telah menguji manfaat dari kopi hitam ini.

Beberapa mengatakan bahwa kopi hitam berpengaruh pada fungsi otak, kesehatan fisik, hingga mental. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan Ketajaman Otak

Ahli mengatakan bahwa kopi hitam dapat mempertajam otak dan menjaga kestabilan mental. Kafein dalam dosis hingga 450mg setara dengan empat dan lima cangkir kopi biasa dapat meningkatkan fungsi kognitif, fokus, dan ketajaman mental secara keseluruhan. Jika membutuhkan penunjang fokus saat belajar atau bekerja untuk membantu kecepatan berpikir dan bernalar, secangkir kopi hitam bisa menjadi solusi.

2. Mengurangi Risiko Kanker dan Sirosis

Kopi dapat membantu mencegah beberapa bentuk kanker, termasuk kanker mulut, kanker prostat, kanker hati, dan kanker kolorektal. Hal ini disebabkan karena kopi mengandung antioksidan tinggi yang menurut beberapa penelitian dapat membantu mencegah kanker. Selain itu, studi menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko sirosis hati, terutama bila kerusakannya berasal dari alkohol. Minum empat cangkir atau lebih kopi hitam dalam sehari dapat mengurangi risiko sirosis pada alkoholik sebanyak 80%. Minum dalam jumlah yang sama dapat mengurangi risiko sirosis non-alkohol hingga 30%.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam adalah minuman yang bebas kalori serta tidak mengandung lemak dan gula. Karena itulah kopi hitam tidak akan membuat berat badanmu naik. Namun tidak hanya itu, kopi hitam pun mampu membantu menurunkan berat badan. Minuman ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan memecah lemak yang tersimpan di sel tubuh dan menggunakan lemak yang ditarik dari sel sebagai energi. Minum kopi hitam memang tidak akan menurunkan berat badan secara instan, namun rutin meminumnya dapat menyebabkan pembakaran lemak tambahan dan berpengaruh pada penurunan berat badan.

4. Meningkatkan Mood

Melansir dari Coffee Affection menjelaskan bahwa kafein secara alami meningkatkan dopamin dan membatasi pembentukan adenosin di tubuh. Hal ini berpengaruh pada pikiran yang lebih terjaga, termotivasi, dan ceria. Kelebihan neurotransmitter dan dopamin membuat kita merasa baik secara fisik maupun mental. Selain itu, kafein mampu memblokir reseptor adenosin yang memungkinkan lebih banyak energi dan perasaan motivasi positif.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Orang yang minum kopi secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 yang banyak menyerang orang dewasa. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 35% lebih rendah untuk orang yang minum enam cangkir kopi atau lebih per hari dan 28% lebih rendah untuk orang yang minum empat hingga enam cangkir per hari.

Minum kopi hitam memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan makanan sehat lain ya!

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading