Sukses

Health

8 Letak Jerawat di Tubuh Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah kulit yang umum dialami manusia. Studi menemukan jika hampir 10% populasi manusia mengalami masalah kulit ini. Jerawat menjadi masalah kulit yang sering kali bikin rasa percaya diri menurun. Apalagi jika jerawat ini terus menerus terjadi dan letaknya di wajah. 

Mengenai jerawat, ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Hal tersebut mulai dari kebersihan kulit yang kurang terjaga dengan baik, stres, pola hidup yang buruk hingga pengaruh hormon. Jerawat yang tertetak di wajah bahkan dipercaya bisa memprediksi masalah kesehatan seseorang. Mengutip dari laman rd.com, letak jerawat di wajah bisa menunjukkan masalah kesehatan yang berpotensi besar di tubuhmu. 

Jerawat di Dagu dan Pipi

Jerawat di Dagu

Jerawat yang muncul di dagu menunjukkan bahwa hal ini dipengaruhi oleh hormon. Biasanya, jerawat di dagu terjadi saat usia remaja, usia 20an hingga usia 30an. Namun, studi baru menemukan jika jerawat di dagu bisa menunjukkan bahwa usus besarmu sedang mengalami masalah. Masalah itu karena alergi terhadap makanan tertentu atau pola makan yang buruk. 

Jerawat di Pipi

Para ahli menemukan jika jerawat di pipi bisa mengindikasi adanya masalah kesehatan di paru-paru. Meski begitu, tidak sedikit penyebab jerawat di pipi terjadi karena polusi atau penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok dengan jenis kulit. 

Jerawat di Kening dan Alis

Jerawat di Kening

Jerawat di kening mengindikasi adanya gangguan pada sistem pencernaan. Ini juga memungkinkan adanya masalah kesehatan yang berhubungan dengan kandung kemih atau kesehatan perut. Umumnya, hal ini juga erat kaitannya dengan pola makan dan cara diet. 

Jerawat di Antara Dua Alis

Pernah mendapati jerawat di antara dua alis? Studi menemukan jika jerawat yang berada di daerah ini mengindikasi adanya masalah kesehatan di liver. Selain itu, ini juga merupakan pengaruh dari konsumsi alkohol, susu atau makanan berlemak lain yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh.

Jerawat di Hidung dan Leher

Jerawat di Hidung

Jerawat yang muncul di hidung bisa mengindakasi bahwa kesehatan jantung sedang kurang baik. Ini juga bisa menandakan bahwa tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh tinggi. Biasanya, jerawat di hidung akan muncul ketika kamu terlalu sering konsumsi junk food, makanan berlemak dan pedas. 

Jerawat di Leher

Munculnya jerawat di leher bisa terjadi karena hormon dalam tubuh sedang tidak seimbang. Ini juga bisa terjadi karena stres atau kecemasan yang berlebihan. 

Jerawat di Punggung dan Dada

Jerawat di Punggung

Munculnya jerawat di punggung menandakan adanya masalah pada sistem pencernaan. Makan yang terlalu banyak dan berlemak bisa memicu munculnya jerawat di area ini. Selain itu, baju yang kotor, berkeringat dan panas, meningkatkan munculnya jerawat di punggung. 

Jerawat di Dada

Pola makan yang buruk dan sensitif terhadap makanan tertentu bisa menyebabkan munculnya jerawat di dada. Ini juga bisa terjadi karena pola makan yang buruk. Kemunculan jerawat di bagian tubuh ini erat kaitannya dengan sistem pencernaan yang bermasalah. Untuk mencegah jerawat muncul di dada, kamu bisa menghindari makanan pedas terlalu banyak.

Itulah beberapa bagian tubuh yang bisa ditumbuhi jerawat dan menandakan kesehatanmu. Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan untuk memiliki pola hidup sehat, terapkan diet yang tepat dan kelola stres dengan baik untuk menghindari jerawat. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan tubuh dengan baik setiap harinya.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading