Sukses

Health

Mengenal Anemia, Gejala dan Penyebabnya Pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Kehamilan bisa membuat kita merasa sangat bahagia pun khawatir di waktu yang sama. Ini mengingat bahwa kehamilan adalah momen yang juga sangat rentan bagi ibu hamil. Termasuk sangat rentan terhadap risiko anemia.

Apa Itu Anemia?

Mengutip dari laman WebMD.com, anemia adalah kondisi yang sangat berisiko dan rentan pada ibu hamil. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Atau, ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik di dalam tubuh.  

Karena kekurangan sel darah merah, organ tubuh tidak bisa mendapat asupan oksigen cukup. Akibatnya, penderita anemia terlihat lebih pucat, lemas dan mudah lelah. Dalam kehamilan, anemia sangat rentan. Sehingga ibu hamil tidak hanya mudah lelah tetapi juga mudah merasa marah karena hormon dalam tubuh juga berubah.

Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil

Selama kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak darah untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Ketika produksi darah ini tidak diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup, ini akan membuat rentan anemia.

Umumnya, ibu hamil memiliki nilai hemoglobin yang lebih rendah, tetapi hal ini normal. Meski demikian, kebutuhan hemoglobin meningkat saat hamil sehingga dibutuhkan lebih banyak zat pembentuk hemoglobin, yaitu zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Ketika tubuh tidak mendapat asupan zat besi dan nutrisi tertentu lain selama hamil, ini bisa menghambat produksi darah. Alhasil, ibu hamil rentan mengalami anemia.

Gejala Anemia Pada Ibu Hamil

Ada beberapa gejala yang mudah diketahui saat Mom mengalami anemia. Gejala tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Rasa lelah yang berlebihan meski sudah istirahat cukup. 
  • Merasakan lemah dan tidak berdaya. 
  • Sesak nafas.
  • Kepala pusing dan terasa sangat tidak nyaman.
  • Detak jantung lebih cepat dan kurang teratur. 
  • Kulit terlihat lebih pucat. 
  • Sesak nafas biasanya juga diiringi dengan nyeri dada. 
  • Tangan atau kaki mati rasa dan kesemutan. 
  • Iritabilitas, suatu kondisi di mana Mom merasa mudah marah, emosi, tersinggung dan frustasi pada saat-saat tertentu. Terutama pada saat Mom merasa diabaikan dan dikecewakan. 

Untuk mencegah anemia, Mom dianjurkan untuk konsumsi vitamin, asam folat dan obat penambah darah selama kehamilan. Penting bagi Mom untuk mencukupi nutrisi dalam tubuh dengan baik, istrahat cukup dan mengelola stres dengan baik. Periksakan kesehatan selama kehamilan secara rutin setidaknya setiap satu bulan sekali.

#WomenForWomen

What's On Fimela
Loading