Sukses

Health

Tips Waktu Makan Ideal agar Tubuh Tetap Sehat

Fimela.com, Jakarta Makan mungkin merupakan suatu kegiatan yang sangat sederhana, namun memiliki banyak manfaat. Tetapi kadang kala, melakukan kesalahan kecil seperti makan tidak teratur dapat memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mengetahui waktu makan yang ideal merupakan kunci untuk menjaga kesehatan.

Melansir dari healthline.com, banyak orang biasanya beranggapan bahwa makanan yang dimakan memberikan efek yang besar terhadap tubuh. Namun, perlu diingat bahwa tubuh mencerna makanan secara berbeda pada waktu yang berbeda setiap harinya. Makan di saat waktu yang tidak tepat dapat meningkatkan risiko mengalami kondisi metabolisme. Selain itu, konsisten terhadap waktu ideal makan setiap harinya dapat membantu menurunkan berat badan, menambah energi, dan mengurangi faktor risiko penyakit kronis.

Merangkum dari berbagai sumber, inilah tips waktu ideal makan, mulai dari sarapan hingga makan malam yang perlu diperhatikan untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat.

1. Waktu ideal sarapan

Sarapan sama halnya berbuka puasa setelah semalaman tidur tanpa makan apapun. Sarapan juga menjadi makanan yang akan mengatur tahap nutrisi sepanjang hari dan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk menghadapi kegiatan yang akan dilakukan pada hari tersebut. Memulai hari tanpa sarapan atau perut kosong, dapat membuat tubuh menjadi lesu dan tidak semangat. Mengutip dari nm.org, hal ini biasanya akan membuat seseorang memakan camilan tidak pada waktunya. 

Melansir dari timesofindia.indiatimes.com, berikut hal yang perlu diperhatikan terkait waktu ideal sarapan:

- Sarapan dalam waktu 30 menit setelah bangun tidur.

- Waktu ideal sarapan adalah pukul 7 pagi.

- Jangan menunda sarapan hingga lewat dari jam 10 pagi.

- Pastikan terdapat protein dalam menu sarapan.

 

2. Waktu ideal makan siang

Waktu makan siang ideal adalah sekitar 4 hingga 5 jam setelah sarapan. Jika sarapan dilakukan pada jam 7 pagi, maka waktu ideal untuk makan siang adalah jam 11 atau 12 siang. Namun jika pada waktu tersebut tidak memungkinkan untuk makan siang, maka waktu terbaik makan siang adalah hingga jam 2 siang. Untuk menambah asupan energi tubuh, mengonsumsi camilan di antara waktu sarapan dan makan siang sangat direkomendasikan.

Melansir dari healthline.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makan siang lebih awal dapat berkontribusi pada mikrobioma yang lebih sehat, yakni bakteri baik pada usus dan tubuh manusia yang memberikan efek baik pada kesehatan secara keseluruhan. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait waktu ideal makan siang, dilansir dari timesofindia.indiatimes.com:

- Waktu ideal untuk makan siang adalah jam 12.45 siang.

- Upayakan waktu sarapan dan makan siang hanya berjarak sekitar 4 jam.

- Jangan menunda makan siang hingga lebih dari jam 4 sore.

 

 

 

3. Waktu ideal makan malam

Banyak orang yang cenderung makan dalam porsi besar ketika waktu makan malam tiba, dikarenakan mereka tidak makan dengan porsi yang cukup sepanjang hari. Hal ini sebaiknya dihindari karena tidak baik bagi tubuh dan organ pencernaan. Melansir dari nm.org, waktu makan malam haruslah mengikuti jadwal sarapan dan makan siang sebelumnya. Pastikan jarak waktu antara makan siang dan makan malam tidak lebih dari empat hingga lima jam.

Selain itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tinggi pada waktu makan malam. Hal ini dilakukan guna mendukung hasil kesehatan yang lebih baik.  Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait waktu ideal makan malam, dilansir dari timesofindia.indiatimes.com:

- Waktu ideal makan malam adalah sebelum jam 7 malam.

- Berikan jarak waktu 3 jam di antara makan malam dan waktu tidur.

- Jangan menunda makan malam hingga lebih dari jam 10 malam.

- Makan malam mendekati waktu tidur dapat menggangu kualitas tidur.

 

*Penulis: Frida Anggi Pratasya.

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading