Sukses

Health

Perhatikan Aturan Ideal Sikat Gigi dalam Sehari

Fimela.com, Jakarta Gigi merupakan salah satu organ manusia yang penting karena berperan dalam proses pencernaan makanan, hingga pembentukan wajah. Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan gigi. Caranya sangat mudah, yaitu rajin membersihkan gigi

Namun, meski ingin memiliki gigi yang bersih. Kamu tidak diharuskan menyikat gigi sesering mungkin. Berapa sih aturan ideal sikat gigi dalam sehari? Penasaran, kan? Simak artikel ini sampai akhir ya.

Berapa kali idealnya sikat gigi dalam sehari?

Meski terlihat hanya sebuah rutinitas biasa. Ternyata banyak orang yang keliru tentang frekuensi menyikat gigi dalam sehari. Dikutip dari American Dental Association (ADA), sikat gigi itu idealnya dilakukan minimal 2 kali dalam sehari. Sikatlah gigi selama 2 menit menggunakan pasta gigi sesuai kebutuhan.

Menyikat gigi membantu membersihkan sisa makanan, bakteri, plak, hingga noda yang bisa merusak gigi. Jika tidak rajin membersihkannya maka gigi akan menguning, penuh plak, berlubang, hingga tanggal. Nah, anjuran sikat gigi 2 kali dalam sehari ini mampu menjaga kebersihan gigi dari ancaman tersebut.

Tapi terkadang karena ingin gigi super bersih maka menyikat gigi setiap kali selesai makan? Apakah ini membuat gigi lebih terjamin sehat dan bersih? Faktanya hal ini malah berdampak buruk bagi gigi. Bukannya menjaga kesehatan gigi, malah bisa menyebabkan rusaknya gigi jika menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride secara berlebihan.

Kandungan fluoride ini memang baik, yaitu berfungsi untuk memperkuat gigi dan mencegah plak atau kotoran menempel pada gigi. Tapi jika menggosok gigi dengan kandungan ini lebih dari 2 kali sehari bisa meningkatkan risiko flurosis gigi. Flurosis gigi adalah kerusakan gigi yang ditandai dengan muncul bintik putih pada gigi. Makan banyak bintiknya maka akan kecokelatan dan mudah keropos.

Dapat disimpulkan bahwa aturan ideal menyikat gigi dalam sehari ialah 2 kali saja. Namun, jika kamu ingin melakukan melebihi aturan tersebut. Pastikan kamu tidak menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride.

Kapan waktu terbaik menyikat gigi?

Bukan hanya pasta gigi yang perlu diperhatikan. Waktu untuk menyikat gigi juga harus diperhatikan. Pada umumnya, menyikat gigi 2 kali sehari. Satu pada saat selesai sarapan di pagi hari dan kedua di malam hari sebelum tidur.

Menggosok gigi setelah sarapan dapat membantu membersihkan gigi dari kotoran sisa makanan. Hal itu juga bisa membantu mengurangi bau mulut. Sementara menyikat gigi sebelum tidur bisa mencegah penumpukan sisa makanan yang membuat risiko gigi berlubang.

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading