Sukses

Health

Terlalu Membenci Diri Sendiri, Ini 4 Tanda bahwa Kamu Sedang Mengalami Self Hatred

Fimela.com, Jakarta Self hatred atau self loathing merupakan sebuah kondisi di mana seseorang sangat membenci keberadaan dirinya. Setiap hal yang dilakukan, diucapkan, dipikirkan selalu dirasa salah dan nggak benar. Nggak jarang pula, pribadi yang mengalami hal ini akan memberikan kritikan keras dan bahkan menyalahkan diri sendiri.

Ketika sudah berada pada posisi ini, kehidupan seseorang akan menjadi rusak dan nggak tertata dengan benar. Pasalnya, akan ada banyak dampak negatif yang dihasilkan dan membawakan kerugian pada diri sendiri. Lebih-lebih, individu yang memiliki self hatred ini juga sangat rentan terkena gangguan kejiwaan. Oleh karena itu, kamu perlu ketahui berbagai tanda self hatred supaya bisa ditangani dengan segera.

1. Terlalu Fokus pada Hal Negatif Saja

Seseorang yang mempunyai self hatred biasanya lebih berfokus pada hal yang negatif daripada positif. Segalanya selalu dipandang buruk, meskipun hal yang terjadi sebenarnya adalah sesuatu yang baik. Sebagai contoh, pribadi yang terlalu membenci diri sendiri akan langsung down jika dimarahi oleh orang lain, kehilangan sesuatu, dan sebagainya.

Nggak hanya itu, ada waktu tertentu di mana mereka menyalahkan diri atas kesalahan-kesalahan kecil yang diperbuat. Semua hal yang ada di dalam hidup  juga dianggap nggak ada yang menyenangkan dan semuanya seperti mimpi buruk. Jika kamu mengalami self hatred, hal apapun akan dirasa menyedihkan dan nggak menguntungkan.

 2. Sering Merasa Gagal

Kegagalan merupakan hal yang biasa dalam kehidupan. Setiap individu pun pasti pernah mengalami pengalaman ini, minimal satu kali. Meski begitu, bagi seseorang yang sudah terlanjur membenci diri sendiri, hal apa saja yang diperbuat selalu dinilai gagal dan nggak berguna.

Pribadi yang mengalami kondisi ini merasa bahwa hidup mereka gagal total karena kesalahan yang diperbuat. Bahkan jika kesalahan tersebut cuma terjadi satu kali saja dan masih dalam tahap yang wajar. Misalnya saja, kamu akan merasa bahwa hidup telah berakhir setelah nggak lolos penerimaan mahasiswa atau karyawan.

3. Selalu Meminta Maaf

Selalu minta maaf meski nggak melakukan kesalahan juga menjadi ciri selanjutnya dari orang yang memiliki self loathing. Kamu merasa serba salah dan merasa nggak ada harga diri. Selain itu, perasaan seperti nggak nyaman dengan keberadaan diri sendiri juga sering menghantui.

Meski begitu, hal tersebut sangat nggak baik dan dapat mempengaruhi kehidupanmu. Terkadang ada perlunya untuk menyimpan rasa minta maaf ini ketika memang dibutuhkan dan dilakukan dengan serius. Maka dari itu, mulailah untuk membela diri sendiri dan sampaikan kepada orang lain bahwa kamu sudah mengusahakan yang terbaik. Yang terpenting, jangan pernah sungkan sampai semuanya harus diberikan permintaan maaf.

4. Menurunnya Rasa Percaya Diri

Nggak punya kelebihan, nggak berguna, nggak pantas mendapatkan yang terbaik, merupakan pemikiran-pemikiran yang biasanya dimiliki oleh seseorang yang membenci dirinya sendiri. Kepercayaan diri mereka sangat rendah, hingga menilai semuanya dengan sangat negatif.

Individu seperti ini juga cenderung menarik diri dari lingkungan sosial karena menganggap nggak pantas berada di tengah-tengah mereka. Karena kurang percaya dirinya, pribadi tersebut jadi nggak punya kesempatan untuk mencoba hal-hal yang baru. Karenanya, kehidupan mereka menjadi kurang berkembang dan stuck di fase itu saja.

Itu dia beberapa ciri yang dimiliki oleh seseorang dengan self hatred. Perlu diperhatikan, bahwa berlama-lama larut dalam kondisi seperti ini akan merusak kehidupan kamu. Oleh karena itu, akan lebih baik jika meminta pertolongan orang terdekat atau mencoba memeriksakan diri ke yang lebih ahli.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading