Sukses

Health

5 Sayuran Ini Sangat Bermanfaat untuk Tubuh

Fimela.com, Jakarta Pada umumnya, sayuran hijau sangat bermanfaat bagi tubuh. Pasalnya, pada sayuran terdapat kandungan yang berguna bagi tubuh setiap orang. Sayuran juga perlu dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi harian, seperti serat, vitamin, mineral, hingga senyawa nabati.

Bukan hanya itu saja, bahkan kandungan di dalam sayuran hijau bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut kami paparkan sayuran apa saja sih yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Simak artikel ini sampai akhir ya.

1. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran hijau yang mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh. Seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan jenis sulforaphane dan lutein. Kandungan tersebut juga berperan memenuhi kebutuhan tubuh, hingga menurunkan risiko penyakit kanker.

Bukan hanya itu saja, brokoli juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu wanita hamil, membantu penderita depresi, dan masih banyak lagi.

2. Bayam

Jenis sayuran yang juga tak kalah banyak manfaatnya adalah bayam. Selain bisa diolah menjadi aneka masakan enak. Bayam juga terkenal mengandung serat yang tinggi. Selain itu, bayam juga kaya akan zat besi yang baik untuk darah. Mengandung lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Terakhir, bayam juga sumber vitamin seperti A, C, K, dan juga folat.

3. Asparagus

Jenis sayuran yang kaya akan manfaat berikutnya adalah asparagus. Memiliki berbagai nutrisi dengan kalori yang rendah, yaitu protein, serat, lemak, folat, kalium, fasfor, vitamin C, vitamin A, hingga vitamin E. Bukan hanya itu saja, asparagus juga memiliki sejumlah kecil kandungan mikronutrien seperti zat besi, zinc, dan riboflavin.

Sedangkan kandungan vitamin K yang tinggi bermanfaat untuk pembekuan darah dan menjaga kesehatan jantung. Bahkan, asparagus disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu pembentukan sel-sel dan DNA calon bayi.

4. Pare

Pare adalah salah satu sayuran hijau yang memiliki rasa pahit, bahkan saat diolah sekalipun. Tapi meskipun pahit, pare memiliki kandungan yang kaya akan serat. Selain itu juga terdapat kandunga kalsium, zat besi, kalium, vitamin C, dan vitamin A di dalamnya.

Tak heran sayuran ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah.

5. Kale

Sayuran yang kaya akan manfaat berikutnya adalah kale. Mengandung nutrisi lengkap mulai dari A, C, dan K. Bukan hanya itu, kale juga mengandung kalsium, folat, dan kalium. Tak heran banyak orang menjadikan kale sebagai makanan diet. Mengonsumsi kale juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

Demikianlah 5 sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya itu saja, sebenarnya masih banyak sayuran lainnya yang juga kaya akan nutrisi. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading