Sukses

Health

15 Makanan Sehat untuk Program Hamil

Fimela.com, Jakarta Memiliki buah hati menjadi dambaan bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Kehadiran buah hati membuat keluarga yang dibangun terasa lebih lengkap. Namun, tidak semua pasangan yang sudah menikah bisa langsung memiliki anak. Ada pasangan yang baru saja menikah dan langsung mendapat kebahagiaan berupa kehamilan. Tapi tidak sedikit pasangan yang harus berjuang dalam jangka waktu yang cukup lama. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar mendapat keturunan adalah melakukan program hamil.

Dilansir dari parentinghealthybabies.com dan niddk.nih.gov, meskipun ada beberapa penyebab yang menyebabkan kemandulan pada wanita, salah satu penyebab utamanya adalah kekurangan nutrisi dan pola makan yang tidak tepat. Dalam menjalankan program hamil tentu kamu harus mengkonsumsi makanan sehat yang bisa membantu kamu meningkatkan kesuburan dan membantu kehamilan.

Makanan yang bisa dikonsumsi

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau adalah makanan yang membantu wanita yang sedang mencoba untuk hamil. Kaya akan zat besi dan asam folat yang membantu mengembangkan lapisan endometrium yang kuat dan memperkuat keterikatan janin ke dinding rahim.

2. Kacang

Kacang adalah salah satu makanan penambah kesuburan terbaik yang bisa dikonsumsi wanita. Studi membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi protein nabati dengan konsentrasi lebih tinggi memiliki peluang lebih tinggi untuk hamil. Kacang kaya akan protein nabati, jadi pastikan untuk tidak melewatkannya dalam diet rutin..

3. Kubis

Meskipun kubis bukan sayuran favorit banyak wanita, kubis pasti bisa membantu mengatasi masalah infertilitas. Kubis mengandung metana di-indole yang berperan penting dalam metabolisme estrogen dan mencegah endometriosis dan fibroid.

4. Kentang

Kentang menjadi salah satu makanan sehat untuk wanita yang mencoba untuk hamil. Kentang kaya akan vitamin B dan E yang meningkatkan pembelahan sel dan meningkatkan peluang sel telur yang sehat.

5. Brokoli

Brokoli bukan hanya makanan eksotis tapi juga makanan ajaib bagi wanita yang ingin hamil. Kaya akan zat besi, asam folat dan vitamin lain yang membuatnya menjadi makanan lengkap. Nutrisi penting ini meningkatkan pembentukan sel telur dan proses ovulasi.

6. Pisang

Jika kamu memiliki siklus menstruasi yang teratur, kamu berisiko lebih rendah mengalami komplikasi kehamilan dan infertilitas. Pisang dianggap sebagai salah satu buah terbaik karena mengandung Vitamin B6 yang penting untuk menjaga siklus menstruasi yang teratur.

7. Buah jeruk

Buah jeruk wajib untuk setiap wanita yang mencoba untuk hamil. Pisang kaya akan vitamin C yang membantu proses pelepasan sel telur dari indung telur. Jadi jika kamu sedang mencoba untuk hamil, buah jeruk harus dimasukkan dalam makanan.

8. Nanas

Nanas adalah buah yang paling diremehkan, tetapi jika dikaitkan dengan peningkatan kesuburan, nanas sangat menakjubkan bagi tubuh wanita. Nanas kaya akan mineral mangan yang mengatur produksi hormon reproduksi. Salah satu penyebab utama ketidaksuburan pada wanita adalah karena kadar mangan yang rendah dalam tubuh.

9. Telur

Telur dianggap sebagai makanan terbaik untuk kesuburan dan wanita hamil. Telur kaya akan asam lemak omega-3, Vitamin D, asam folat, dan kolin yang menjadikannya makanan lengkap jika sedang mencoba untuk hamil.

10. Salmon

Jika kamu suka makan ikan, salmon adalah jenis ikan terbaik yang bisa dimasukkan untuk meningkatkan kesuburan. Mereka kaya akan asam lemak omega-3 dan nutrisi penting yang membantu meningkatkan kesuburan pada wanita.

11. Roti Gandum Utuh

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat olahan. Ini membantu dalam mengatur kadar insulin dalam tubuh. Karena peningkatan gula darah dalam tubuh dapat mengganggu hormon reproduksi, disarankan untuk menghindari karbohidrat olahan. Jika kamu berencana untuk hamil, ganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks seperti roti gandum, bukan roti putih.

12. Labu

Biji labu adalah makanan ajaib untuk meningkatkan kesuburan. Biji labu kaya akan zinc yang berperan penting dalam pembelahan sel embrio dan menjaga kesehatan reproduksi yang baik.

13. Almond

Semua kacang sehat untuk wanita hamil dan mereka yang mencoba untuk hamil. Tapi almond dianggap yang terbaik di antara semua kacang. Almond kaya akan omega-3 dan vitamin E membuat kacang ajaib ini juga menjadi makanan kesuburan super.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading