Sukses

Health

Mengenal Penyebab Sakit Kepala Saat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Menstruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh setiap perempuan di usia produktif. Selain ditandai dengan keluarnya darah dari miss v, menstruasi kerap ditandai dengan masalah kesehatan lain. Misalnya saja, sakit kepala, nyeri perut, badan pegal-pegal hingga munculnya jerawat di kulit wajah yang lebih parah dari hari biasanya. 

Tidak sedikit perempuan yang mengeluhkan sakit kepala selama menstruasi. Beberapa bahkan merasakan sakit kepala sejak sebelum menstruasi berlangsung. Namun, bagaimana hal ini kira-kira terjadi?

Penyebab Sakit Kelapa Saat Menstruasi

Mengutip dari laman healthline.com, sakit kepala saat menstruasi terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. Hormon tersebut adalah hormon progesteron dan estrogen. Perubahan ini terkait dengan peningkatkan dan penurunan jumlah hormon keduanya. Saat kedua hormon menurun, ini bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan. 

Hormon estrogen dan progesteron berada di titik terendah menjelang menstruasi. Inilah yang kemudian menyebabkan sakit kepala. Penurunan hormon keduanya juga bisa berpengaruh pada suasana hati seseorang.

Bagaimana Mengatasi Sakit Kepala Saat Menstruasi

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala saat menstruasi. Cara tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Kompres kepala yang sakit dengan air es atau air dingin. Ini bisa bantu meredakan sakit kepala. 
  • Konsumsi minuman hangat seperti teh hangat atau madu hangat untuk meringankan sakit kepala. Minuman hangat juga bisa membuat suasana hati jadi lebih nyaman. 
  • Istirahat cukup dan konsumsi air putih cukup. Istirahat cukup akan membantumu merasa lebih nyaman dan tenang. 
  • Konsumsi obat penghilang rasa sakit. Sebaiknya, obat ini didapatkan dari konsultasi dengan dokter atau bidan ahlinya. 

Itulah sekilas mengenai sakit kepala saat menstruasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading