Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Health

Bisakah Hamil dengan Berhubungan Intim Saat Menstruasi? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Bagi pasangan suami istri, berhubungan intim merupakan aktivitas yang penting untuk dilakukan. Apalagi jika pasangan ini baru menikah. Hampir setiap hari berhubungan intim bagi keduanya tak akan menjadi masalah. Beberapa pasangan bahkan tidak jarang untuk berhubungan intim saat sang istri menstruasi. Namun, mengenai berhubungan intim saat menstruasi, apakah ini bisa menyebabkan kehamilan?

Berhubungan Intim Saat Menstruasi

Mengutip dari laman verywellfamily.com, saat menstruasi perempuan terkadang memiliki gairah seks yang lebih tinggi. Beberapa dari perempuan sangat ingin berhubungan intim ketika ia menstruasi. Dan mengenai hubungan intim saat menstruasi ini, mungkinkah ini bisa menyebabkan kehamilan? 

Melansir dari American Pregnancy Association (APA), kemungkinan hamil bila berhubungan intim saat menstruasi bisa lebih tinggi, jika kamu memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek. Misalnya adalah kamu memiliki siklus 14 hingga 24 hari. Dengan siklus yang lebih pendek ini, kemungkinan kamu mengalami ovulasi atau masa subur lebih awal. Saat menstruasi, bisa saja kamu juga sedang berada di masa subur. Hubungan intim di masa subur inilah yang bisa meningkatkan peluang kehamilan. 

Risiko Kesehatan Karena Berhubungan Intim Saat Menstruasi

Para ahli mengungkapkan jika berhubungan intim saat menstruasi bisa menyebabkan kehamilan. Selian kehamilan, ada beberapa risiko kesehatan yang perlu diketahui. Adapun risiko kesehatan yang terjadi antara lain sebagai berikut:

Berhubungan intim saat menstruasi bisa meningkatkan risiko penularan penyakit seksual. 

Darah menstruasi yang menempel di miss v atau penis, bisa memicu berkembangnya bakteri atau kuman. Ini bisa menyebabkan masalah kesehatan di organ reproduksi perempuan maupun laki-laki. 

Adanya risiko penyakit kista atau tumor di rahim. Ini mengingat jika saat menstruasi dan berhubungan intim, sangat memungkinkan darah menstruasi akan kembali ke rahim dan menempel di dinding rahim. Inilah yang kemudian menyebabkan tumbuhnya kista atau tumor. 

Untuk menghindari berbagai risiko kesehatan ini, para ahli menganjurkan untuk istirahat dari aktivitas berhubungan intim selama menstruasi. Jika pun tetap ingin berhubungan intim, pastikan agar suami memakai kondom atau pengaman. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semakin bijak dalam hal ini.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading