Sukses

Health

Cara Merawat Gigi yang Benar Agar Gigi Tetap Sehat dan Tidak Berlubang

Fimela.com, Jakarta Gigi adalah bagian tubuh yang sangat penting dan berfungsi menggigit dan mengunyah makanan. Bila salah satu hilang, maka fungsi tersebut tidak bisa dijalankan dengan sempurna.

Di manapun posisinya, gigi tetap sama pentingnya. Bayangkan kalau salah satu gigimu berlubang. Pasti rasanya sakit dan tidak nyaman. Bahkan untuk makan atau sekedar untuk berbicara saja kamu kesulitan.

Gigi yang sudah berlubang memang tidak bisa dikembalikan seperti semula, namun kamu bisa mencegah agar gigi yang lainnya tidak berlubang. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan merawatnya dengan baik. Yuk simak cara merawat gigi berikut ini agar kesehatannya tetap terjaga dan tidak berlubang.

Cara Merawat Gigi Demi Gigi yang Sehat

1. Menggosok gigi

Kamu disarankan untuk menggosok gigi secara teratur, yaitu dua kali sehari selama dua menit dengan cara yang tepat. Kebiasaan perawatan gigi ini dapat dimulai setiap pagi setelah sarapan.

Namun, kamu sebaiknya menunggu sekitar 30–60 menit sebelum menggosok gigi, terutama jika kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang tergolong asam, seperti roti panggang, jeruk, atau kopi.

Hal ini untuk mencegah enamel (lapisan pelindung gigi) yang terkikis akibat makanan atau minuman yang bersifat asam tidak ikut terangkat saat kamu menggosok gigi.

Kamu juga dianjurkan untuk menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur. Perawatan gigi ini baik untuk menghilangkan kuman dan plak dari sisa makanan atau minuman yang menumpuk sepanjang hari. Kamu juga disarankan menggunakan benang gigi setidaknya satu kali sehari.

2. Memilih pasta gigi mengandung fluoride

Pastikan pasta gigi yang kamu pilih mengandung flouride di dalamnya. Perawatan gigi dengan pasta gigi mengandung flouride dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain itu, flouride dapat memperkuat enamel yang membuat gigi lebih tahan terhadap asam dari plak yang menyebabkan kerusakan gigi.

3. Menggunakan obat kumur

Penggunaan obat kumur atau cairan pembersih mulut dapat membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi maupun benang gigi. Tak hanya itu, berkumur menggunakan obat kumur antiseptik setidaknya satu kali dalam sehari dapat mencegah pembentukan plak dan penyakit gusi.

Jangan Lupa Untuk Periksakan ke Dokter

4. Membatasi konsumsi makanan atau minuman manis

Beberapa langkah perawatan gigi di atas perlu diimbangi dengan membatasi konsumsi makanan atau minuman manis. Hal ini karena makanan atau minuman manis dapat meningkatkan produksi asam yang merusak lapisan enamel gigi.

Tak hanya itu, kebiasaan tidak menyikat gigi setelah makan atau minum manis dapat membuat sisa-sisa makanan atau minuman menempel lebih lama di gigi. Kebiasaan inilah yang dapat mempercepat kerusakan gigi.

Selain membatasi makanan dan minuman manis, kamu sebaiknya memperbanyak konsumsi buah dan sayuran serta air putih agar kesehatan gigi tidak terganggu.

5. Memeriksakan gigi secara rutin ke dokter

Perawatan gigi yang kamu lakukan di atas sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Namun, kamu masih perlu melakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi minimal setiap enam bulan sekali.

Pemeriksaan rutin ke dokter gigi bertujuan untuk menghilangkan plak yang mungkin terlewat saat menyikat gigi atau ketika menggunakan benang gigi. Dokter gigi juga mungkin akan melakukan scalling untuk menghilangkan karang gigi yang tidak dapat dijangkau selama perawatan gigi rutin setiap hari.

Melakukan perawatan gigi tidak harus menunggu gigi mengalami kerusakan terlebih dulu. Mulailah menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan rutin menerapkan perawatan gigi di atas. Yuk mulai rawat gigi demi gigi yang lebih sehat dan tidak berlubang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading