Sukses

Health

5 Buah Lezat Bisa Bantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh tak boleh disepelekan begitu saja. Kolesterol yang tinggi, bisa memicu beragam masalah kesehatan. Ini bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk jantung dan stroke. 

Para ahli menyebutkan jika apa yang kita makan sehari-hari, berperan besar dalam menentukan kadar kolesterol dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Tapi, tidak sedikit makanan enak yang justru menurunkan kadar kolesterol.

Bagi Sahabat Fimela yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sebenarnya untuk menurunkannya tak harus dengan konsumsi obat-obatan lho. Mengutip dari laman eatthis.com, selain sayuran hijau dan kacang-kacangan, ada beberapa jenis buah-buahan lezat yang ampuh menurunkan kadar kolesterol. Aneka buah ini bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Penasaran buah apa saja?

Buah Apel

Buah lezat pertama yang bisa bantu menurunkan kadar kolesterol adalah buah apel. Kandungan nutrisi dan vitamin pada buah apel, bisa menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, buah apel juga bermanfaat sebagai menu diet sehari-hari. Buah apel sebagai salah satu super fruit dengan segudang manfaat buat kesehatan.

Buah Citrus

Buah-buahan citrus seperti jeruk madu, jeruk madu, jeruk bali dan sejenisnya, juga ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jeruk mengandung serta pektin yang cukup tinggi di dalamnya. Inilah yang bisa menstabilkan bahkan menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. 

Alpukat

Buah Berri

Studi yang dipublikasikan di Journal of Clinical Lipidology tahun 2016, menyebutkan jika alpukat adalah buah lezat yang bermanfaat menurunkan kolesterol. Buah alpukat adalah buah dengan kandungan lemak tak jenuh dan serat tinggi di dalamnya. American Heart Association merekomendasikan buah alpukat sebagai buah utama yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari. Buah ini adalah nutrisi diet terbaik yang juga bermanfaat menyehatkan jantung.

Aneka buah berri seperti strawberri, blueberri dan sejenisnya, sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry tahun 2014, menyebutkan jika buah dari keluarga berri ampuh menurunkan lemak jahat dalam tubuh. Buah ini juga baik untuk jantung dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Hal ini mengingat buah berri kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Tomat

Buah tomat adalah buah berikutnya yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. Buha tomat mengandung berbagai nutrisi dan vitamin terbaik untuk tubuh. Buha tomat adalah buah yang sangat mudah untuk kita temukan di sekitar kita. 

Itulah sekian buah-buahan yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. Yuk Sahabat Fimela, miliki pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dengan berbagai nutrisi seimbang setiap harinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading