Sukses

Health

8 Makanan Enak yang Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang dialami banyak orang. Bahkan tidak harus memiliki tubuh gemuk untuk bisa menderita gangguan kesehatan ini. Meskipun dialami banyak orang, bukan berarti kolesterol tinggi dalam darah tidak jadi masalah, justru harus ditangani dengan serius sebelum mengundang penyakit lain yang lebih parah.

Salah satu cara sederhana mengatasi kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh adalah dengan makan makanan yang baik dan sehat sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol menjadi normal dan tidak mengancam kesehatan. Tapi makanan seperti apa yang ampuh untuk menurunkan kolesterol? Seperti dilansir dari Harvard Health Publishing, ini sekian makanan sehat yang ampuh menurunkan kolesterol.

1. Oats

Oats memiliki kandungan gula yang rendah dan serat yang tinggi, itulah mengapa oats atau oatmeal sering menjadi alternatif makanan pengganti nasi putih karena dapat menurunkan kadar insulin tubuh. Tapi untuk masalah kolesterol, serat larut dalam oats yang berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol dan lemak jahat di dalam darah dan sistem pencernaan.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian utuh

Rajin makan kacang kedelai, edamame, kacang almond, walnut, barley, dan berbagai macam biji-bijian membantu menurunkan kadar kolesterol karena serta terlarutnya. Serat pada makanan ini bukan hanya membantu membersihkan sistem pencernaan dan melancarkan pencernaan tetapi juga menyerap dan membawa keluar kolesterol berlebih di dalam tubuh. Karena tempe dan tahu terbuat dari kedelai, rajin makan ini juga turunkan kolesterol. 

3. Terong

Terong sebaiknya tidak dimasak dengan cara digoreng karena dapat merusak fungsinya yang sehat dalam menyerap kolesterol. Terong justru menjadi tinggi kolesterol jika digoreng karena mudah menyerap minyak. Padahal jika dikukus, direbus atau dibakar, sayur terong mengandung serat terlarut yang mudah sekali menurunkan kadar kolesterol tinggi di tubuh.

4. Buah keluarga jeruk

Buah-buahan jenis jeruk-jerukan seperti jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk keprok dan lainnya kaya akan pektin, sejenis soluble fiber atau serat terlarut yang sangat ampuh menurunkan kolesterol jahat. Buah-buahan jeruk juga kaya akan antioksidan yang mampu menjaga kadar koelsterol sehat dalam tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara umum.

5. Alpukat

Buah menakjubkan ini sebaiknya dijadikan salad tidak perlu tambahan gula atau saus dressing terlalu banyak karena lebih sehat. Kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat didasari oleh adanya lemak tak jenuh tunggal dan serat yang tinggi sehingga baik dalam menjaga dan mengendalikan kolesterol jahat.

6. Ikan

Daripada makan daging merah dan unggas, lebih sehat jika kamu membiasakan diri untuk makan ikan karena kandungan lemaknya rendah dan nutrisinya tinggi sehingga dapat menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh selaigus membantu menurunkannya. Kandungan asam lemak omage-3 mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), mengurangi inflamasi dalam tubuh dan menurunkan risiko serangan jantung.

7. Dark Chocolate

Pecinta coklat harus bersyukur ia dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan makanan favoritnya, terutama dark chocolate. Semakin tinggi kandungan cocoa atau coklat dalam batang coklat, maka akan semakin baik dalam menurunkan kolesterol. Sebaiknya makan coklat dengan kandungan kakao atau cokelat hitam sebesar 75–85% atau lebih tinggi.

8. Sayuran hijau

Ada banyak sayuran hijau, bukan hanya yang berdaun seperti bayam, kangkung, pokcoy dan kale, tapi juga mentimun, brokoli, okra dan selada. Rajin makan sayuran hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat karena jenis makanan ini kaya akan pektin, serat terlarut yang efektif turunkan kolesterol.

Jadi, jika ingin menurunkan kolesterol dengan makanan, pastikan rajin makan makanan di atas ya Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading