Sukses

Health

Waspada, 4 Masalah Kesehatan Ini Sering Ditandai dengan Kaki Dingin

Fimela.com, Jakarta Apa itu kaki dingin? Pernahkah kamu mengalami kaki dingin Sahabat Fimela? Kaki dingin merupakan kondisi di mana kaki terasa dingin bahkan saat cuaca sedang normal atau panas sekalipun. Biasanya, kaki akan terasa dingin saat musim dingin atau berada di cuaca yang cukup dingin. Tapi, jika kaki yang terasa dingin di cuaca yang normal atau terik, ini bisa jadi sebagai salah satu gejala masalah kesehatan. 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, ada beberapa masalah kesehatan yang ditandai dengan gejala kaki dingin. Berikut beberapa masalah kesehatan tersebut. Usahakan untuk lebih waspada jika mengalaminya ya.

Diabetes

Masalah kesehatan yang pertama dan ditandai dengan gejala kaki dingin adalah diabetes. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS), sebenarnya jutaan kasus diabetes yang ada saat ini tidak terdiagnosis. 

Namun, seorang dokter umum di Inggris yakni David Beatty, mengungkapkan jika satu gejala dari diabetes yang sering luput dari sorotan adalah kaki dingin. Tak hanya suhu kaki, warna kaki dan kondisi fisik kaki yang berubah juga sebagai gejala diabetes.

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi tiroid yang kurang aktif di tubuh. Kondisi ini merupakan munculnya kelenjar berbentuk kupu-kupu di leher. Kondisi ini bisa berpengaruh pada hormon di semua organ tubuh. Tiroid yang kurang aktif, tidak bisa melepaskan cukup hormon, ini yang kemudian membuat kaki terasa dingin.

Anemia

Masalah kesehatan selanjutnya yang ditandai dengan gejala dingin adalah anemia. Saat seseorang mengalami anemia atau kurangnya tekanan darah merah dalam tubuh, kakinya akan cenderung terasa lebih dingin. Selain kaki dingin, anemia juga ditandai dengan kondisi kaki yang pucat, tampak putih dan lemas.

Kolesterol Tinggi

Saat kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, ini juga ditunjukkan dengan gejala kaki dingin. Saat seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka sirkulasi darah dalam tubuh akan cukup terganggu. Inilah yang kemudian membuat kaki terasa dingin.

Itulah sekian masalah kesehatan yang mungkin terjadi dengan gejala kaki dingin. Selain masalah kesehatan di atas, masalah kesehatan lain seperti masalah kesehatan paru-paru, stres dan depresi juga ditandai dengan kaki dingin.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading