Sukses

Health

Waspada, Merokok Bisa Menurunkan Kesuburan Pria

Fimela.com, Jakarta Kita semua tahu bahwa merokok memiliki berbagai dampak buruk buat kesehatan. Di setiap bungkus rokok, bahkan tertulis peringatan akan bahaya merokok. Menurut ahli, salah satu dampak buruk dari merokok adalah menurunnya kesuburan pria

Tapi, bagaimana hal itu bisa terjadi?

Bahaya Merokok untuk Kesehatan Sperma

Pada sebatang rokok, mengandung lebih dari 7000 senyawa kimia di dalamnya. Ribuan senyawa kimia ini bisa memiliki efek buruk buat kesehatan jantung, paru-paru bahkan kesuburan. Senyawa kimia di dalam rokok bahkan dipercaya bisa meningkatkan risiko gangguan kehamilan, organ reproduksi dan impontensi bagi pria. 

Mengutip dari laman healthline.com, studi menemukan jika senyawa kimia dalam rokok seperti timah, kadmium, dan nikotin, bisa menurunkan kualitas sperma. Senyawa kimia ini juga bisa mengganggu konsentrasi, pergerakan, bentuk, hingga materi pembentuk (DNA) sperma. Karena kualitas sperma menurun, tentunya hal ini bisa menyulitkan sperma membuahi sel telur. 

Kerusakan DNA sperma akibat rokok, juga meningkatkan risiko janin cacat, mengalami gangguan perkembangan hingga keguguran. Yang lebih menyedihkan lagi, kebiasaan merokok secara berlebihan bisa meningkatkan risiko kemandulan. Para ahli juga menemukan jika perokok berat berisiko 2 kali lebih besar untuk mengalami disfungsi ereksi.

Gangguan Kesuburan Juga Berpotensi pada Istri

Tak hanya pada suami, sang istri pun juga besar kemungkinan mengalami gangguan kesuburan. Efek samping rokok tak hanya dirasakan oleh perokok aktif. Orang-orang terdekat termasuk pasangan yang tidak merokok (perokok pasif), juga akan merasakan banyak efek samping dari rokok. 

Perempuan yang sering terpapar asap rokok, memiliki risiko terkontaminasi senyawa kimia pada asap rokok lebih besar. Studi juga menemukan jika hal ini tak hanya berlaku pada rokok konvensional. Rokok elektronik atau vape juga memiliki efek samping yang tak kalah mengerikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semua senantiasa lebih bijak dalam menjaga kesehatan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading