Sukses

Health

Mengenal Vasektomi Pria, KB Efektif Pengendali Kelahiran

Fimela.com, Jakarta Banyak yang mengira jika KB hanya bisa dilakukan oleh perempuan saja. Padahal, pria pun dapat melakukannya seperti melakukan  Vasektomi.

Melansir Mayoclinic, vasektomi merupakan alat kontrasepsi pria yang memotong pasokan sperma ke air mani.  Itu dilakukan dengan memotong dan menyegel tabung yang membawa sperma.

 Vasektomi memiliki risiko masalah yang rendah dan biasanya dapat dilakukan secara rawat jalan dengan anestesi lokal Sebelum menjalani prosedur ini, harus yakin bahwa tidak ingin menjadi ayah atau tidak lagi ingin memiliki anak.

Sayangnya, masih banyak para pria khawatir vasektomi dapat menyebabkan masalah serius.  Misalnya, mempengaruhi kinerja seksual. Padahal, operasi ini tidak akan memengaruhi gairah seks atau maskulinitas. Pria bahkan melaporkan kepuasan seksual yang lebih tinggi setelah vasektomi. Atau berfikir akan permanen merusak organ seksual.

Meski ada sedikit risiko testis, penis, atau bagian lain dari sistem reproduksi m akan terluka selama operasi, namun kasus itu sangat jarang terjadi, cedera pada suplai darah dapat menyebabkan hilangnya testis, tetapi hal itu tidak mungkin terjadi jika ahli bedah ahli.

Mengapa vasektomi

Vasektomi justru pilihan kontrasepsi yang aman dan efektif untuk pria yang yakin tidak ingin menjadi ayah atau kembali memiliki anak. Sebab hampir 100 persen efektif dalam mencegah kehamilan.

Vasektomi adalah operasi rawat jalan dengan risiko komplikasi atau efek samping yang rendah. Bahkan, biaya vasektomi jauh lebih murah daripada biaya sterilisasi wanita (ligasi tuba) atau biaya obat KB jangka panjang untuk wanita.

Vasektomi berarti l tidak perlu mengambil langkah-langkah pengendalian kelahiran sebelum berhubungan seks, seperti memakai kondom.

Efek samping setelah operasi dapat meliputi:

Pendarahan atau bekuan darah (hematoma) di dalam skrotum, darah dalam air mani, memar skrotur, Infeksi pada tempat operasi, nyeri ringan atau ketidaknyamanan, pembengkakan.Komplikasi yang tertunda dapat meliputi: Nyeri kronis, yang dapat terjadi pada 1% hingga 2% orang yang menjalani operasi.

Penumpukan cairan di testis, yang dapat menyebabkan nyeri tumpul yang semakin parah saat ejakulasi. Peradangan yang disebabkan oleh sperma yang bocor (granuloma)Kehamilan, jika vasektomi gagal namun jarang terjadi. 

Kista abnormal (spermatokel) yang berkembang di tabung kecil melingkar yang terletak di testis bagian atas yang mengumpulkan dan mengangkut sperma (epididimis). Kantung berisi cairan (hidrokel) yang mengelilingi testis yang menyebabkan pembengkakan di skrotum

Persiapan operasi

Dokter mungkin akan meminta untuk berhenti minum aspirin, obat antiinflamasi nonsteroid atau obat pengencer darah lainnya beberapa hari sebelum operasi. 

Ini bisa termasuk warfarin (Coumadin, Jantoven, lainnya), heparin dan obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya).

Pakaian dan barang pribadi Bawalah celana dalam ketat atau pendukung atletik untuk dikenakan setelah prosedur untuk menopang skrotum dan meminimalkan pembengkakan. Tindakan pencegahan lainnya Mandi atau mandi pada hari operasi.  Pastikan untuk mencuci area genital secara menyeluruh.  Potong rambut jika perlu. 

Atur perjalanan pulang setelah operasi untuk menghindari gerakan dan tekanan pada area operasi yang disebabkan oleh mengemudi.Sebelum melakukan vasektomi, dokter bertemu dengan pasien untuk memastikan itu bentuk kontrasepsi yang tepat.

Melansir rs.ui.ac.id, vasektomi biasanya dilakukan secara rawat jalan, klinik, atau ruang operasi. Pada umumnya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit dan dilakukan dengan anestesi lokal, artinya area di sekitar vas deferens mati rasa dengan suntikan. Dalam beberapa kasus, prosedur dapat dilakukan dengan bius total, yang berarti pasien akan ditidurkan.

Diperlukan waktu beberapa bulan untuk semua sperma dibersihkan dari vas deferens, jadi penting untuk menggunakan bentuk kontrasepsi alternatif sampai analisis semen lanjutan memastikan bahwa vasektomi telah berhasil dan tidak ditemukan sperma lagi pada ejakulat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading