Sukses

Health

Penyebab Kurap di Badan, Berkaitan dengan Kebersihan Diri dan Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Kurap adalah salah satu jenis penyakit kulit yang menimbulkan rasa gatal. Bagian tubuh yang sering terkena kurap adalah bagian kuku, bagian atas kepala dan bagian kaki. Namun bisa juga muncul di selangkangan.

Kurap bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya orang dewasa saja namun anak-anak pun bisa terkena penyakit yang satu ini. Kurap juga biasa disebut dengan kadas. Penyakit ini sangat menular, sehingga ketika menangani kurap harus hati-hati agar tidak ketularan.

Namun sebenarnya apa sih penyebab munculnya kurap di badan? Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya kurap.

Penyebab Kurap di Badan

1. Jamur

Penyebab utama dari kebanyakan penyakit kulit adalah jamur. Penyebab kurap sendiri adalah jamur dengan jenis dermatofit. Jamur ini adalah jamur yang mampu bertahan di kulit manusia dengan cara mengambil keratin bahan dasar di jaringan kulit, rambut dan juga di kuku manusia.

2. Kontak fisik dengan penderita kurap

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kurap termasuk penyakit kulit yang menular lewat kontak fisik. Oleh karena itu, kalau ada orang terdekatmu yang terkena kurap, usahakan jangan sampai berkontak fisik dengannya karena bisa tertular.

3. Binatang

Mungkin kamu pernah mendengar kalau menyentuh katak bisa membuatmu terkena kurap. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya salah.

Faktanya, menyentuh katak biasa tidak akan membuatmu langsung terkena kurap. Beda lagi kalau kamu menyentuh katak yang terkena kurap. Sama saja sebenarnya seperti kontak fisik dengan manusia, kontak fisik dengan hewan yang terkena kurap juga bisa membuatmu tertular.

4. Kebersihan kurang terjaga

Jamur dermatofit biasanya dapat dengan mudah tumbuh dan berkembang di lingkungan yang kurang bersih. Oleh karena itu, kamu harus senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkunganmu agar tidak terkena kurap.

5. Imunitas lemah

Beberapa orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah biasanya lebih mudah terkena atau tertular kurap. Contohnya seperti anak-anak, manula, atau orang yang memiliki penyakit yang berkaitan dengan daya tahan tubuh seperti AIDS atau lupus.

Cara Mencegah dan Mengatasi Kurap

Cara mencegah terkena atau tertular kurap

Jamur penyebab kurap biasanya tumbuh di lingkungan yang kotor. Oleh karena itu, agar tidak terkena kurap, kamu harus bisa menjaga kebersihan diri dan lingkunganmu. Mandi secara teratur dua kali sehari. Cuci baju-bajumu yang kotor, jangan ditumpuk karena bisa jadi tempat tumbuhnya tidak hanya jamur, tapi berbagai kuman dan bakteri.

Selain itu, usahakan jangan berbagi pakaian atau handuk dengan orang lain. Kamu tidak tahu apakah orang tersebut memiliki penyakit kulit seperti kurap atau tidak. Kalau terpaksa, kamu bisa cuci terlebih dahulu menggunakan air panas sebelum digunakan.

Cara mengatasi kurap

Jika sudah telanjur terkena atau tertular kurap, maka kamu bisa gunakan salep anti jamur kemudian oleskan di bagian tubuh yang terkena kurap. Salep anti jamur bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek.

Namun kalau kamu masih ragu atau salep tersebut tidak bisa menyembuhkan kurap yang kamu alami, kamu bisa konsultasikan kepada dokter. Dokter akan memberikan diagnosa sesuai dengan keluhanmu dan memberikan obat sesuai dengan diagnosa tersebut. Mungkin saja kamu akan diberikan obat berupa salep atau ditambahkan dengan obat minum.

Itulah berbagai penyebab dari kurap beserta cara mencegah dan mengatasinya. Umumnya kurap disebabkan jamur yang tumbuh di lingkungan yang kotor. Oleh karena itu, sebisa mungkin jaga kebersihan dirimu agar tidak terkena kurap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading