Sukses

Health

4 Cara Redakan Radang Tenggorakan dengan Bahan Sederhana di Rumah

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami radang tenggorakan, biasanya kita akan merasakan nyeri atau sensasi perih ketika menelan sesuatu. Bahkan saat berbicara pun rasanya tidak nyaman. Tenggorakan yang sakit bisa membuat kita sulit menjalani keseharian dan aktivitas seperti biasa.

Cara terbaik untuk mengobati radang tenggorokan adalah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Namun, jika belum sempat ke dokter, ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk bantu redakan radang tenggorokan. Melansir laman Cleveland Clinic, berikut ini sejumlah cara yang bisa dicoba untuk redakan radang tenggorokan di rumah. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Berkumur dengan Air Garam

Siapkan segelas air hangat, lalu larutkan 1/2 sdt garam ke dalamnya. Gunakan air garam ini untuk berkumur. Air garam bisa bantu meredakan bengkak dan iritasi yang ada di tenggorokoan. Cukup gunakan untuk berkumur tanpa harus menelannya.

 

 

 

2. Minum Air Madu Hangat

Madu bisa bantu melindungi tenggorokan dan meredakan iritasi. Selain itu, madu juga memiliki kandungan anti bakteri. Rasa manis madu pun membantu menenangkan ujung-ujung saraf tenggorokan. Minum segelas air madu hangat bisa menjadi pertolongan pertama untuk bantu redakan radang tenggorokan.

 

 

3. Minum Air Kaldu Ayam Hangat

Minum minuman hangat pada dasarnya bisa bantu redakan radang tenggorokan. Salah satu pilihan baik dan sehat untuk bantu redakan radang tenggorokan adalah air kaldu ayam. Bisa juga mengonsumsi sup ayam yang masih hangat untuk sekaligus menjaga kekebalan tubuh tetap baik.

 

 

4. Minum Minuman Berempah

Rempah-rempah bisa bantu merangsang produksi air liur atau saliva yang dapat meningkatkan hidrasi dan memperlancar lendir di tenggorokan. Segelas air jahe hangat bisa menjadi pilihan untuk bantu redakan radang tenggorokan. Bisa juga dikombinasikan dengan kencur atau serai.

Kalau radang tenggorokan disertai dengan batuk atau tak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter, ya. Apalagi kalau sudah disertai gejala lain seperti demam, maka penanganan yang tepat perlu segera kamu dapatkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading