Sukses

Health

5 Penyebab Kaki Sering Kram pada Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Pernah mendadak terbangun dari tidur pada malam hari karena kaki yang tiba-tiba kram? Tenang saja, kamu tidak sendiri. Melansir laman Prevention, sebuah penelitian tahun 2012 yang diterbitkan di American Family Physician menyebutkan bahwa 60% orang dewasa menyatakan pernah mengalami kram kaki pada malam hari, yaitu kram otot pada kaki yang mengganggu tidur malam.

Penyebab kram kaki ini bisa karena sejumlah hal. Lima hal ini menjadi penyebab paling umum kaki kram pada malam hari. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Kurang Peregangan

Gaya hidup atau kebiasaan kerja yang membuat kita kurang gerak karena kebanyakan duduk atau tak punya waktu untuk olahraga bisa memicu kram kaki pada malam hari. Kurang peregangan bisa membuat kita rentan mengalami kram kaki. Apalagi kalau seharian kita kebanyakan duduk, maka makin besar kemungkinan kita mengalami kram saat malam.

2. Salah Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah juga bisa memicu kram kaki. Seperti tidur dengan posisi telungkup dan jari kaki yang tertarik menjauh dan membuat otot betis makin padat, sedikit gerakan mendadak bisa memicu terjadinya kram. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidur dengan posisi berbaring atau miring dengan jari kaki dalam posisi netral atau rileks.

 

 

3. Dehidrasi

Dehidrasi bisa memicu kram otot pada malam hari. Kalau kamu sering mengalami kram kaki, coba perhatikan lagi asupan cairan tubuh. Dehidrasi bisa memicu ketidakseimbangan elektrolit di dalam darah dan dapat menyebabkan kram pada malam hari.

4. Olahraga Berat

Berolahraga rutin memang bisa bantu jaga kebugaran tubuh. Tetapi penting juga untuk memastikan ada pemanasan dan pendinginan dalam rutinitas olahraga. Selain itu, usahakan jenis olahraganya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Kalau terlalu berat, olahraga yang kita lakukan bisa memicu kram kaki pada malam hari.

5. Terlalu Banyak Berdiri

Selain terlalu banyak duduk, terlalu banyak berdiri seharian bisa memicu kram pada malam hari. Berdiri terlalu lama bisa membuat darah dan air menumpuk di tubuh bagian bawah. Hal ini memicu ketidakseimbangan cairan. Kalau tidak diimbangi dengan peregangan otot, maka bisa menyebabkan kram pada malam hari.

Kondisi lain seperti kehamilan dan konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat untuk tekanan darah tinggi juga bisa memicu terjadinya kram kaki pada malam hari. Kalau kamu sering mengalami kram kaki dan tak kunjung tahu penyebabnya, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading