Sukses

Health

Psoriasis Kuku tidak Bisa Disembuhkan, tapi Perawatan Ini Bisa Membantu

Fimela.com, Jakarta Psoriasis kuku adalah kondisi yang melibatkan perubahan kuku yang bisa menjadi sulit diabaikan atau ditutup-tutupi, bahkan dengan manikur baru sekalipun. Kuku tangan atau kaki berlubang, beralur, kasar, menebal, atau bahkan hancur.

Tanda-tanda umum lain dari psoriasis kuku termasuk perubahan warna pada lempeng kuku dan atau alas kuku, garis-garis darah yang sangat tipis di bawah lempeng kuku, kuku yang terpisah dari alas kuku, bintik-bintik merah di lunula, dan bulan sabit kecil di pangkal kuku. Kamu juga mungkin mengalami sesuatu yang disebut hiperkeratosis subungual, di mana kulit berkapur terus menumpuk di bawah kuku.

Bentuk paling umum dari psoriasis, yang menghasilkan bercak kulit kasar dan tebal di berbagai bagian tubuh, sehingga psoriasis kuku adalah kondisi peradangan kronis yang memiliki beberapa kaitan gentik dan pemicu lingkungan, serta tidak bisa disembuhkan. Psoriasis kuku biasanya muncul setelah psoriasis sedang hingga berat telah muncul di tempat lain di tubuh, dan prevalensinya di antara orang dengan diagnosis psoriasis tinggi, memang mengalami psoriasis kuku.

 

Merawat psoriasis kuku

Tapi mungkin saja mengalami psoriasis kuku tanpa gejala penyakit kulit lainnya. Perawatan psoriasis kuku dimulai dengan kunjungan ke dokter kulit, yang akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan diagnosis.

Dokter kulit kemudian akan meresepkan perawatan, yang bersifat lokal dan topikal, sistemik, atau terkadang kombinasi. Diperlukan beberapa percobaan dan kesalahan untuk menemukan kombinasi obat yang cocok.

Ada beberapa perawatan yang mungkin diberikan oleh dokter kulit, seperti salep, suntikan obat, laser, dan fototerapi. Saat merawat psoriasis kuku, kesabaran adalah kuncinya, karena kuku tumbuh perlahan dan menciptakan penghalang yang menyulitkan obat untuk menembusnya.

Ada beberapa hal yang bisa mencegah psoriasis kuku memburuk, seperti menjaga kuku tetap pendek, memakai sarung tangan saat melakukan aktivitas, dan mengaplikasikan krim tangan setiap selesai mencuci tangan atau mandi. Hindari juga menggigit, memotong, atau mendorong kutikula, karena ini bisa menyebabkan infeksi yang membuat psoriasis kuku kambuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading