Sukses

Health

5 Kebiasaan Makan yang Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Tubuh kita membutuhkan kadar kolesterol yang cukup untuk bisa berfungsi dengan baik. Hanya saja kalau kadar kolesterol terlalu tinggi di dalam tubuh, ini bisa memicu penyembutan darah di arteri kita sehingga meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Penyebab kolesterol tinggi bisa dikarenakan sejumlah faktor seperti kebiasaan merokok, kurang olahraga, dan pola makan yang buruk. Melansir laman Eat This, ada sejumlah kebiasan makan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Sebisa mungkin hindari kebiasaan makan ini untuk menjaga kesehatan dan mencegah kolesterol tinggi.

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Lemak Jenuh

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah yang mengandung lemak jenuh bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Penyakit jantung dan obesitas adalah penyakit yang umumnya disebabkan oleh pola makan yang terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Kalau ingin menjaga pola makan yang lebih sehat, usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan yang kandungan lemak jenuhnya tinggi.

 

2. Kebiasaan Diet Yoyo

 

Diet yoyo merupakan pola diet yang bisa menyebabkan berat badan cepat turun dan cepat untuk naik kembali. Kebiasaan makan dengan diet yoyo ini bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh dan kadar kolesterol dalam tubuh. Pola makan diet yang terlalu ketat sampai tidak memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh juga kurang baik untuk kesehatan tubuh.

 

 

3. Berlebihan Mengonsumsi Makanan Berminyak

Makanan berminyak atau yang digoreng memang enak. Segala macam bahan makanan akan terasa lebih enak saat digoreng. Namun, sebisa mungkin batasi agar kadar kolesterol tidak naik. Apalagi kalau minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan mengandung lemak jahat, maka kadar kolesterol tubuh bisa makin meningkat.

 

 

4. Mengonsumsi Gula Berlebihan

Perhatikan kandungan gula dalam makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Berhati-hatilah juga dengan makanan yang mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh bila dikonsumsi berlebihan. Makanan tinggi gula yang bisa membuat berat badan naik perlu dibatasi atau dihindari.

 

 

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Olahan

Makanan instan dan makanan olahan perlu dibatasi konsumsinya. Karena rendah serat dan cenderung mengandung lemak jahat, makanan olahan yang dikonsumsi berlebihan bisa memicu kolesterol tinggi. Belum lagi dengan kandungan bahan pengawetnya yang tinggi. Jadi, sebisa mungkin kurangi kebiasan makan makanan instan atau olahan berlebihan dalam keseharian agar kadar kolesterol bisa tetap stabil.

Itu tadi lima kebiasaan makan yang sebaiknya dihindari jika ingin menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kadar kolesterol normal. Semoga bisa jadi tambahan informasi yang bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading