Sukses

Health

5 Cara Tak Terduga Bikin Otak Cerdas saat Sudah Dewasa

Fimela.com, Jakarta Umumnya otak akan terus berkembang seiring kemauan kita untuk belajar, dengan begitu kita mendapatkan kecerdasan otak yang lebih baik. Belajar bukan hanya diwajibkan untuk anak-anak selama sekolah, tapi juga ketika sudah dewasa. Namun banyak orang mulai mengabaikan hal itu hingga akhirnya otaknya kurang berkembang ketika usianya dewasa.

Padahal ada banyak cara meng-upgrade kecerdasan otak saat sudah dewasa, tidak hanya dengan cara membaca buku atau tekun update berita baru. Ini beberapa cara mudah meningkatkan dan mempertahankan kecerdasan otak ketika sudah dewasa.

1. Berjemur di bawah sinar matahari

Berjemur di bawah matahari pagi ternyata mampu meningkatkan kecerdasan otak. Paparan sinar matahari adalah sumber vitamin D alami yang bagus untuk tubuh, salah satunya meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif. Kekurangan vitamin D dapat mengganggu kesehatan mental seperti meningkatkan stres dan risiko depresi. Jika stres, otak jadi agak bodoh. Sedangkan mendapatkan sinar matahari pagi membantu otak melepaskan hormon serotonin, yang membantu kinerja otak lebih baik, membuatmi merasa bahagia dan meningkatkan konsentrasi bekerja. Spektrum cahaya dari matahari juga memberimu kepekaan fisiologis dan mental yang lebih alami.

2. Intermittent fasting

Tidak banyak yang tahu bahwa kegiatan sederhana seperti intermitten fasting atau puasa intermiten ternyata mampu meningkatkan kecerdasan otak. Umumnya intermitten fasting dilakukan untuk menurunkan berat badan atau menjaga kesehatan tubuh, tapi ternyata efeknya pada otak juga menakjubkan. Puasa jenis ini mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres oksidatif, dan meningkatkan keseimbangan hormon sehingga produksi energi yang lebih stabil sepanjang hari dan kinerja otak lebih baik dalam berpikir, menyerap pengetahuan dan informasi yang didapat.

3. Jalan tanpa alas kaki

Jalan kaki tanpa sandal dan sepatu saat menginjak tanah dan rerumputan bisa menjaga kesehatan otak bahkan meningkatkan kecerdasan karena kamu bukan hanya merasakan lingkungan lewat telinga, mata dan hidung, tapi juga kulit di telapak kaki yang memiliki banyak saraf. Selain itu, bumi mengeluarkan pasokan elektron bebas yang tak terbatas.

Ketika kita terhubung dengan bumi tanpa alas kaki, muatan dari bumi ke tubuh dapat mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Seperti yang diketahui, radikal bebas adalah atom yang dapat menyebabkan kerusakan sel, peradangan, penuaan, dan menimbulkan penyakit. Jalan kali paling tidak 30 menit tanpa alas membantumu menemukan ketenangan dan meningkatkan aliran darah. Itulah yang akan menjaga kesehatan dan bahkan meningkatkan kecerdasan otak.

4. Tidur yang cukup

Tidur selama 8 jam tiap malam jelas bermanfaat untuk kesehatan, termasuk membuat otakmu lebih cerdas. Karena malam hari adalah waktu terbaik otak untuk istirahat dan melakukan regenerasi sel-sel. Ketika kurang tidur atau banyak begadang, otak tidak melakukan regenerasi sel secara maksimal sehingga otak kurang konsentrasi, mudah lupa, sulit mencerna informasi, sulit berpikir, mudah mengantuk dan bahkan emosi tidak stabil. Inilah yang menyebabkan kamu jadi kurang cerdas jika kurang tidur.

5. Sering olahraga

Ingin otak cerdas saat dewasa? Kamu harus rajin olahraga setiap hari paling tidak 30 menit karena ketika tubuh olahraga, bukan hanya kalori dan lemak yang dibakar, tapi juga membantu melancarkan peredaran darah serta menyuplai cukup oksigen setiap hari ke seluruh tubuh, terutama otak. Ketika otak mendapat suplai oksigen yang cukup, maka itu akan membantu meningkatkan fungsi kognitif, membuatmu berpikir cepat, kreatif, menemukan solusi dan menjaga keseimbangan emosional. Saat itulah kamu lebih cerdas dibanding orang lain.

Jika ingin tetap punya otak cerdas selama menjadi orang dewaa, rajinlah meng-upgrade otak dengan sekian latihan di atas ya, Sahabat Fimela.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading