Sukses

Health

4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Kalian pernah mendengar tanaman kelor? Tanaman tersebut tampaknya jarang sekali diketahui oleh masyarakat. Tanaman kelor atau Moringa Oleifera merupakan tanaman yang berasal dari India dan dapat hidup di wilayah tropis maupun subtropis.

Tanaman ini dapat dimanfaatkan mulai dari akar, daun, batang, dan kulit batangnya. Ternyata, daun kelor menyimpan 1001 kandungan yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh loh! Simak penjelasan berikut ini.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu penyebab dari sakit jantung. Daun kelor diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sama halnya seperti mengkonsumsi almond, gandum, dan biji rami. Jika kadar kolesterol menurun, makan resiko terkena penyakit jantung juga akan menurun.

Menjaga Kesehatan Tulang

Daun kelor kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan tulang. Hal tersebut dikarenakan daun kelor memiliki bahan anti-inflamasi yang dapat memperbaiki tulang yang rusak.

Menurunkan Kadar Gula

Daun kelor memiliki kandungan isothiocyanate yang ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Peneliti menyebutkan dengan mengkonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan dapat meningkatkan antioksidan dan menurunkan gula darah sebanyak 13,5 persen.

Jika kadar gula dalam tubuh tinggi, maka akan menyebabkan kerusakan pada organ lainnya, seperti diabetes dan kerusakan jantung.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun kelor yaitu memiliki sifat anti aging yang disenangi oleh perempuan. Vitamin A pada daun kelor tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga dapat memperlambat efek penuaan pada wajah.

Demikian manfaat daun kelor bagi kesehatan yang seringkali dilupakan. Semoga Sahabat Fimela selalu dapat menjaga kesehatan tubuhnya.

 

Penulis : Audi Regita Salsabila

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading