Sukses

Health

Manfaat Laboratorium Genomik untuk Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Fimela.com, Jakarta Selaras dengan visi untuk menyediakan layanan pemeriksaan genomik yang mudah diakses, berkualitas tinggi, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia, BGI Genomics melalui PT Naleya Genomik Indonesia (NGI) berkolaborasi dengan Bumame dalam mentransformasikan pelayanan kesehatan genetik dengan membangun laboratorium genomik yang berlokasi di area Bumame TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Ada pun layanan pemeriksaan genomik merupakan upaya peningkatan kesehatan reproduksi, peningkatan gaya hidup yang dipersonalisasi, deteksi dini penyakit kanker, pengendalian penyakit menular, dan menyediakan layanan pengetesan obat yang presisi (precision medicine).

Lebih lanjut, laboratorium genomik dibangun menggunakan teknologi yang dirancang oleh BGI, di mana laboratorium tersebut selain menyediakan layanan tes genomik, juga bertujuan untuk menjadi pusat pelatihan untuk peneliti bidang genomik di Indonesia.

“NGI dan BGI, bersama Bumame, berfokus memberikan inovasi dan solusi yang lebih baik dan efisien untuk industri kesehatan di Indonesia dalam hal upaya deteksi dan personalisasi pengobatan medis berbasis risiko genetik serta pengembangan teknologi kedokteran yang mutakhir,” ujar Heru Dharmadi Wijaya, selaku Presiden Direktur NGI.

Selain itu, CEO Bumame, James Wihardja, juga menyatakan bahwa laboratorium genomik sebagai solusi klinis bagi para peneliti dan tenaga kesehatan profesional dalam menyediakan data trans-omics berkualitas tinggi yang mengoptimalkan kecepatan dan ketepatan pengerjaan serta menggunakan sumber ilmiah terdepan di industri kesehatan, namun dengan penawaran harga yang sangat terjangkau.

Layanan skrining kesehatan sejak lahir

Bersama dengan BGI Group, Bumame Laboratorium yang telah melayani lebih dari 100 jenis tes kesehatan, kembali berinovasi dengan meluncurkan layanan skrining kesehatan di bidang genomik.

Sebagai tahap awal, laboratorium telah merilis tes NIPT (Non-Invasive Prenatal Test) bernama NIFTYTM (Non-Invasive Fetal TrisomY), sebagai rangkaian layanan tes kehamilan tanpa risiko.

Selain itu, akan diluncurkan pula layanan NOVATM Newborn Genetic and Metabolic Disorder Screening, yang dapat mendeteksi risiko kelainan bawaan pada bayi yang baru lahir, Personal Genome Screening yaitu layanan genomik pribadi, hingga berbagai solusi genomik lainnya dengan menggunakan metode pengurutan genom yang mutakhir.

Sebagai informasi, bersamaan dengan peresmian laboratorium genomik, Kemenkes bersama BGI Group juga telah menandatangani MoU Penanggulangan Talasemia, dan MoU Pembangunan Bank Gen Nasional.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading