Sukses

Health

5 Cara Mengatasi Mulut Terasa Pahit dan Mual saat Tubuh Sakit

Fimela.com, Jakarta Terkadang tubuh mengalami perasaan aneh seperti mulut terasa pahit dan mual sehingga tidak bisa diajak kerja sama untuk makan. Bahkan makanan seenak apa pun jadi tampak tidak menarik dan tidak menggugah selera ketika kita sedang sakit. Mulut terasa pahit dan perut mual saat tubuh sakit ini umumnya disebabkan oleh pelepasan protein oleh tubuh yang berfungsi untuk mengatasi peradangan saat sakit, akibatnya indra perasa jadi melemah. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Ini sekian cara mengatasi mulut terasa pahit dan mual.

1. Banyak minum air putih yang banyak

Tentu akan susah diminta makan makanan apa pun saat lidah terasa pahit dan tak bisa secara normal mengecap rasa makanan. Cara mengatasinya adalah dengan banyak minum air putih, bisa hangat atau suhu ruangan. Jangan sampai mengalami dehidrasi hanya karena makanan terasa tidak enak. Cara ini membantu membersihkan rongga mulut sekaligus menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan yang justru memperparah kondisi tubuh yang sakit.

2. Cukup istirahat

Cobalah menggunakan waktu untuk tidur atau istirahat sepenuhnya. Umumnya kondisi tubuh yang kacau sebenarnya pertanda bahwa kamu kurang istirahat. Ketika tubuh mendapatkan waktu cukup untuk istirahat ketika sedang sakit, secara alami fungsi organ lain di tubuh juga akan membaik dan pulih, termasuk mengatasi mulut pahit dan perut mual. Umumnya orang juga akan merasa lebih mudah lapar setelah menggunakan waktunya untuk tidur, jadi karena bantuan rasa lapar, siapa tahu kamu jadi lebih lahap makan.

3. Minum air kelapa muda

Jika susah jika dipaksa makan karena rasanya tidak enak dan bikin mual, cobalah mengganti nutrisi dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh dengan minum air kelapa muda. Umumnya air kepala muda membuat perut nyaman tapi tanpa membuat perut terlalu kenyang. Kandungan gizi kelapa muda yang tinggi bahkan mampu membantu mempercepat kesembuhan tubuh karena membantu meningkatkan imunitas tubuh.

4. Sikat gigi dan berkumur

Pasti sulit menelan makanan yang tidak enak ketika sakit, salah satu alasan yang memperburuk keadaan adalah kurangnya menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Jadi sebisa mungkin rajinlah menggosok gigi dan berkumur sehingga bisa membersihkan area mulut agar fungsi indra perasa lebih baik dan bisa enak makan. Jangan lupa menggosok lidah dengan sikat gigi agar sisa makanan dan bakteri yang menumpuk di sana bisa dibersihkan.

5. Makan dalam porsi kecil tapi sering

Tentu akan susah jika dipaksakan makan makanan berat sekaligus, lebih baik bagi-bagi porsinya seperti sedang ngemil. Untuk sarapan misalnya, bagi menjadi tiga kali makan dengan jarak waktu yang berdekatan, setiap 2-3 jam misalnya. Pastikan sebisa mungkin kamu makan makanan yang bergizi, bukan sekadar enak dimakan atau sesuai seleramu. Tapi jika benar-benar tidak bisa dipaksa makan, pilih makanan yang paling kamu suka dahulu.

Itu dia beberapa cara mengatasi masalah mulut yang pahit dan mual selama sakit.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading