Sukses

Health

5 Manfaat Mengagumkan Hidup Tanpa Kopi yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Kopi menjadi salah satu minuman yang tak asing bagi siapapu. Hampir semua orang mengonsumsi kopi untuk sekedar membangkitkan energi dalam tubuh. Atau memang ia telah memiliki kebiasaan minum kopi dalam hari-harinya. Mengutip dari laman healthline.com, salah satu zat yang terdapat dalam kopi ada zat kafein. 

Beberapa orang percaya jika mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein baik bagi tubuh. Tapi, beberapa orang lain berpendapat bahwa terlalu banyak kafein justru kurang baik bagi tubuh. Penting diketahui, baik atau tidaknya kafein untuk tubuh, ini tergantung seberapa banyak kita mengonsumsinya. Baik buruknya kafein terhadap tubuh, ini tergantung seberapa sering kita mengonsumsinya. 

Beberapa studi menemukan jika konsumsi kopi dengan ukuran tepat, ini memberi banyak manfaat buat kesehatan hingga mencegah beberapa risiko penyakit. Tapi, studi lain menyebut jika hidup tanpa kopi justru memiliki segudang manfaat yang lebih mengesankan. Berikut beberapa manfaat hidup tanpa kopi yang penting untuk diketahui Sahabat Fimela.

Pencernaan Lebih Sehat

Tanpa minum kopi, besar kemungkinan seseorang akan memiliki sistem pencernaan yang lebih sehat. Selama ini studi menemukan jika kopi bisa memiliki efek laktasif dan menstimulasi kerja usus. Konsumsi kopi secara berlebihan, bisa menyebabkan diare dan menurunkan kesehatan lambung.

Mencegah Sakit Kepala

Tanpa minum kopi, kita lebih mungkin terhindar dari risiko sakit kepala. Hidup tanpa kopi akan membantumu mencegah sakit kepala secara alami. Bagi beberapa orang, konsumsi kafein bisa menyebabkan sakit kepala bahkan naiknya tekanan darah.

Mencegah Penuaan Dini

Studi juga menemukan jika hidup bebas dari kopi, akan mencegah penuaan dini. Kafein dalam kopi, akan mengganggu kolagen dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan penuaan bahkan masalah kesehatan yang lebih kompleks terkait kulit. 

Kualitas Tidur Makin Baik

Kafein dalam kopi bisa membuat seseorang makin aktif dan energik. Efek dari kopi sendiri bisa menghentikan kantuk. Jika kamu konsumsi secara berlebihan, ini akan berpengaruh besar pada kuaitas tidur. Agar kualitas tidur makin baik, disarankan untuk mengurangi bahkan stop asupan kopi.

Menurunkan Risiko Kecemasan

Efek kafein bisa meningkatkan rasa kecemasan dan kekhawatiran. Kafein memang bisa menjadi booster dan meningkatkan metabolisme tubuh. Hanya saja, kafein juga menstimulasi hormon “fight or flight mode” atau mode bertarung/kabur. Hal ini memicu perasaan cemas, jantung berdebar dan ketakutan tanpa alasan jelas. 

Itulah sekian manfaat hidup tanpa kopi. Jadi gimana nih, tertarik membatasi asupan kopi bahkan stop sepenuhnya dari kebiasana konsumsi minuman satu ini? Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading