Sukses

Health

4 Kebiasaan Sederhana agar Berat Badan Ideal selama Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan tidak akan terasa berat selama disertai dengan niat ibadah yang baik. Selain itu, kondisi tubuh bisa makin membaik dengan rutinitas berpuasa. Agar berat badan tidak naik selama berpuasa, kita perlu mengimbanginganya dengan pola makan yang sehat juga.

Berikut ini ada empat kebiasaan sederhana yang berkaitan dengan menjaga pola makan agar berat badan tetap ideal selama bulan Ramadan. Bisa dimulai dari saat sahur hingga berbuka puasa. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Makan Sahur yang Cukup

Siapkan makanan sahur yang mengandung protein dan serat yang seimbang sehingga bisa memberi cukup energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Tak perlu makan atau minum berlebihan saat sahur. Bisa coba awali dengan makan buah seperti buah apel. Melansir timesofindia.indiatimes.com, apel baik dikonsumsi pada pagi hari karena kandungannya yang kaya serat. Khususnya pada bagian kuit apel yang mengandung pektin dan tinggi serat. Untuk cegah dehidrasi bisa minum cukup dua gelas air putih saat sahur.

 

 

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Saat berbuka, sahur, dan waktu di antara berbuka dan sahur, minumlah 8 gelas air putih. Selama bulan Ramadan, kita bisa mengikuti pola 2-4-2 untuk minum air putih. Kita bisa minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas saat saat makan malam (setelah tarawih), dan 2 gelas air putih saat sahur. Bisa juga dengan mengonsumsi sup atau buah yang tinggi kandungan airnya. Hindari minuman manis dan berkafein yang berlebihan karena akan menghambat penyerapan air di dalam tubuh.

 

 

3. Makan Perlahan

Melansir laman muslimmatters.org, otak kita butuh waktu 15-20 menit sebelum mengirim sinyal ke perut saat kita sudah kenyang. Artinya jika kita makan terlalu cepat, maka tanpa disadari kita bisa makan lebih banyak dari yang kita butuhkan karena kita tak memberi waktu untuk sinyal bisa sampai ke perut kita. Saat sahur dan berbuka puasa, nikmati makanan perlahan saja. Tak perlu terburu-buru supaya terhindar dari makan berlebihan atau terlalu kenyang.

 

 

4. Kurangi Makanan Berminyak

Ketika waktu berbuka puasa tiba, sebisa mungkin tidak langsung mengonsumsi makanan berminyak. Cobalah untuk minum air putih lebih dulu atau makan sebutir kurma. Mengonsumsi makanan berminyak saat perut dalam keadaan kosong dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Kalau ingin makan gorengan setidaknya jangan terlalu banyak sampai kekenyangan atau membuat perut kembung.

Selain menjaga pola makan yang sehat, imbangi juga dengan menjalani rutinitas yang produktif selama bulan Ramadan. Jadikan setiap kegiatan yang kamu lakukan di bulan Ramadan bernilai ibadah agar puasamu makin berkah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading