Sukses

Health

8 Makanan Enak yang Rentan Bikin Kolesterol Naik, Batasi Konsumsinya!

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah zat yang lunak seperti lilin yang terdapat di dalam darah. Tubuh manusia memerlukan kolesterol untuk membangun sel, menghasilkan vitamin dan hormon. Namun, tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Mengutip dari laman health.harvard.edu, sejauh ini makanan memiliki peran penting dalam menaikkan dan menurunkan kadar kolesterol. Ada beberapa makanan yang ampuh turunkan kolesterol sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Tapi ada pula makanan yang justru bisa meningkatkan kadar kolesterol, sehingga kita penting untuk membatasi konsumsinya. 

Berikut beberapa makanan enak yang rentan bikin kolesterol naik. Yuk, batasi asupannya dan lebih bijak lagi dalam menjaga kesehatan tubuh.

Daging Merah

Aneka daging merah seperti daging domba, sapi, kerbau, babi dan sejenis, mengandung banyak lemak jenuh di dalamnya. Ini bisa bikin kolesterol naik secara drastis dalam waktu singkat. Selain meningkatkan kolesterol, daging merah juga cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Daging Olahan

Selain daging merah, daging olahan juga bisa bikin kolesterol naik secara drastis. Sosis, kornet, bakso dan sejenis, termasuk makanan tinggi kolesterol. Studi menemukan jika konsumsi sedikitnya 52 gram daging olahan setiap harinya, bisa meningkatkan risiko jantung hingga 40 persen. Ini juga bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan lain seperti diabetes, obesitas hingga kanker usus. 

Udang

Siapapun pasti setuju jika udang termasuk salah satu makanan terlezat. Namun, di balik rasa lezat udang, ini mengandung tinggi kolesterol di dalamnya. Diolah menjadi masakan apapun, udang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ada sekitar 214 mg kolesterol di dalam 85 gram sajian udang.

Daging Bebek

Siapa yang tak suka dengan daging bebek? Apalagi jika daging bebek dimasak dengan cara diungkep kemudian digoreng empuk. Meski enak, daging bebek adalah penyebab naiknhya kolesterol dalam tubuh. Per 100 gram daging bebek, setidaknya menyumbang 80 mg kolesterol ke dalam tubuh.

Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan favorit hampir semua masyarakat Indonesia. Ada beragam gorengan yang bisa memanjakan lidah. Meksi enak dan praktis, gorengan adalah penyebab utama naiknya kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya batasi konsumsi gorengan jika kamu ingin memiliki tubuh lebih sehat. 

Jeroan

Baik jeroan ayam, bebek, sapi atau kambing, keduanya mengandung kolesterol yang tinggi. Jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain tinggi kolesterol, jeroan juga tinggi asam urat sehingga cukup berbahaya jika dikonsumsi setiap hari.

Kuning Telur

Kuning telur adalah makanan enak dengan kandungan kolesterol tinggi selanjutnya. The American Heart Association mengungkapkan jika dalam 1 butir kuning telur, sedikitnya mengandung 186 mg kolesterol. Para ahli merekomendasikan agar kita membatasi asupan telur setidaknya 1 sampai 2 butir saja perhari.

Kue Manis

Hampir semua kalangan pasti suka dengan kue dengan cita rasa manis. Meski begitu, kita harus lebih bijak dan hati-hati dalam mengonsumsinya. Aneka kue manis dengan gula tambahan di dalamnya, tak hanya bikin kolesterol naik tetapi juga meningkatkan risiko obesitas, diabetes dan penyakit lainnya. 

Itulah sekian makanan enak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pastikan untuk membatasi asupan makanan seperti di atas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading