Sukses

Health

4 Makanan dan Minuman yang Bikin Lemas Jika Dikonsumsi Berlebihan saat Puasa

Fimela.com, Jakarta Ramadan tinggal menghitung hari. Sahabat Fimela yang menjalankan ibadah puasa dan menyambut Ramadan, sudah mempersiapkan apa saja? Salah satu hal yang penting diperhatikan saat Ramadan terutama bagi mereka yang berpuasa adalah nutrisi yang masuk ke tubuh. Kita tak boleh sembarangan pilih makanan karena ini bisa berdampak pada daya tahan tubuh serta semangat dalam berpuasa. 

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, ada beberapa makanan yang ternyata rentan bikin tubuh lemas karena mengonsumsinya. Makanan ini mungkin sangat sehat dan disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka pun sahur. Tapi, jika makanan ini dikonsumsi secara berlebihan, ini justru tidak baik. Ini rentan bikin kita meras lemas dan sangat lapar selama menjalankan ibadah puasa. 

Apa saja makanan tersebut?

Sayur dan Buah

Siapa sangka, sayur dan buah bisa bikin tubuh lemas. Tapi begitulah kenyataannya. Sayur dan buah adalah makanan yang bernutrisi tinggi dan kaya vitamin di dalamnya. Tapi, sayur dan buah rendah kalori pun rendah protein. Ketika kita hanya makan sayur dan buah untuk sahur pun berbuka, dikhawatirkan ini justru bikin tubuh kita lemas saat puasa. Sebaiknya tetap makan daging, telur, ikan dan sumber karbohidrat sebagai pendamping sayur serta buah.

Roti Panggang

Roti yang dipanggang juga rentan bikin tubuh kita lemas. Roti yang umumnya terbuat dari tepung dan gula, dikatakan tak cukup baik menutrisi tubuh selama puasa. Meski kita sudah makan banyak roti, kita tetap akan merasa lapar dan lemas. Kita juga rentan merasa sangat haus saat berpuasa.

Minuman dan Makanan Manis

Saat berbuka puasa, umat muslim disunahkan untuk makan makanan manis. Meski begitu, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi minuman serta makanan manis. Makanan ini tak cukup menutrisi tubuh dengan baik. Apalagi jika manis pada makanan ini karena pemanis buatan. Sebaiknya makan makanan manis secukupnya dan tetap nutrisi tubuh dengan aneka makanan lain dengan nutrisi seimbang.

Minuman Berenergi

Siapa yang suka minum minuman berenergi agar kuat berpuasa? Mulai sekarang, hentikan kebiasaan ini. Minum minuman berenergi hanya akan membuat tubuh rentan lemas. Ini juga rentan bikin tubuh mengalami masalah metabolisme dan kesehatan lain. Hindari pula mengonsumsi minuman berkafein tinggi selama berpuasa. Akan lebih baik, jika kamu cukupi kebutuhan air putih. Tak ada salahnya jika ganti minuman bernergi dengan segelas susu segar. 

Itulah sekian makanan yang ternyata justru bikin lemas saat berpuasa. Yuk Sahabat Fimela, lebih bijak dalam memilih asupan nutrisi yang masuk ke tubuh saat puasa. Selamat menyambut datangnya Ramadan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading