Sukses

Health

Telinga Sebelah Kanan Berdenging? Ini Makna dalam Islam dan Medis

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela mengalami telinga sebelah kanan berdenging? Banyak yang menganggap bahwa telinga yang berdenging terutama sebelah kanan, adalah pertanda ia akan mendapatkan rezeki. Tak jarang, orang yang menganggap bahwa hal ini menandakan bahwa ia sedang dibicarakan oleh orang lain. Tapi, manakah kira-kira makna yang sesungguhnya?

Makna Telinga Kanan Berdenging dalam Islam

Dalam agama Islam, telinga yang berdenging menandakan sesuatu. Menurut sumber dari kitab Azizi 'Ala Jami'ush Shaghir, telinga yang berdenging mengartikan bahwa adanya panggilan dari Rasulullah SAW. 

Telinga berdenging diartikan jika Rasulullah memanggil nama orang tersebut. Karena inilah, orang yang sedang mengalami telinga berdenging dianjurkan untuk menyerukan Shalawat atau mengingat Rasulullah SAW. 

Dijelaskan dalam hadist, bahwa Imam Al Munawi berkata: 

"Sesungguhnya telinga itu berdengung hanya ketika datang berita baik ke ruh, bahwa Rasulullah SAW telah menyebutkan orang (pemilik telinga yang berdengung) tersebut dengan kebaikan di al-Mala’ al-A’la (majlis tertinggi) di alam ruh." (‘Ali al-‘Azizi dalam kitab as-Siraj al-Munir).

Sementara itu, Dalam Al-jami'ish shoghir Imam suyuthi juga menjelaskan:

“Jika berdengung telinga seseorang dari kalian, maka ingatlah aku, dan bershalawatlah atasku, dan katakan: Dzakarollohu man dzakaroni bi khayr (Semoga Allah menyebut orang yang menyebutku dengan kebaikan). (Al-Jami'ush Shoghir lis Suyuthi).

Penyebab Telinga Berdenging dalam Medis

Telinga berdenging dalam segi kesehatan atau medis, memiliki makna tersendiri. Makna ini terkait dengan kesehatan orang tersebut. Ada beberapa penyebab kenapa telinga berdenging dalam dunia medis. Adapun penyebab tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Telinga sedang atau baru saja mendengar suara bervolume keras di ruangan tertutup
  • Seseorang mengalami lanjut usia. Orang yang lanjut usia, akan lebih rentan mengalami telinga berdenging dari orang yang masih muda. 
  • Telinga berdenging bisa disebabkan karena menurunnya fungsi saraf pendengaran.
  • Adanya risiko organ telinga mengalami infeksi.
  • Gendang telinga mengalami masalah. Ini rentan menyebabkan berdenging atau seperti ada suara di dalam telinga. 
  • Adanya efek samping dari masalah kesehatan flu atau pilek.
  • Naiknya tekanan darah juga bisa menyebabkan telinga berdenging. 
  • Mengalami stres atau depresi karena beban pikiran yang begitu berat. 
  • Telinga kotor.
  • Efek samping penggunaan obat sejenis aspirin.

Itulah sekilas makna mengenai telinga berdenging. Untuk mengurangi risiko telinga berdenging, sebaiknya jaga kebersihan telinga. Usahakan untuk mendengar suara yang lirih atau rendah dan tidak terlalu bervolume tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading