Sukses

Health

Awas, Ini 5 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bisa Memperpendek Usia

Fimela.com, Jakarta Bila ditanya ingin usia panjang atau pendek, bisa dipastikan semua orang menginginkan memiliki usia panjang. Menjalankan pola hidup yang sehat, digadang-gadang sebagai salah satu cara terbaik untuk memiliki usia lebih panjang. Tapi, apakah cukup dengan itu saja? 

Selain menerapkan pola hidup sehat, tips agar usia lebih panjang selanjutnya adalah menghindari beberapa kebiasaan buruk. Mengutip dari laman healthline.com, beberapa kebiasaan diketahui bisa memperpendek usia. Sayangnya, kebiasaan ini menjadi kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang dalam kehidupannya sehari-hari. Apa saja kebiasaan tersebut?

Kesepian

Kebiasaan pertama yang bisa memperpendek usia adalah kesepian. Studi yang dilakukan oleh para ahli di Brigham Young University, Amerika Serikat (AS), menyebut jika kesepian bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan fisik pun psikis. Kesepian meningkatkan risiko kematian dini. Kesepian meningkatkan risiko depresi yang mendorong penderitanya mengakhiri dirinya sendiri.

Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Kebiasaan selanjutnya yang bisa memperpendek usia adalah duduk terlalu lama. Apalagi, jika kebiasaan ini tidak diimbangi dengan gerak tubuh cukup. Kebiasaan ini juga tidak diimbangi dengan pola hidup dan pola makan yang lebih sehat.

Menyimpan Dendam

Studi juga menyebutkan jika orang yang suka menyimpan dendam dalam dirinya, rentan memiliki usia lebih pendek. Orang-orang yang menyimpan kemarahan di dalam hatinya dalam waktu lama, ini bisa menurunkan kesehatan fisik pun psikisnya. 

Studi yang dipublikasikan di Journal Of Health Psychology tahun 2018, menemukan jika orang dewasa yang sering menahan amarah dan dendam, cenderung mengalami penurunan kognitif. Mereka juga cenderung mengalami peningkatkan risiko kematian dini.

Begadang

Siapa nih yang punya kebiasaan begadang? Jika kamu salah satunya, yuk, coba hentikan atau kurangi kebiasaan ini. Penelitian menemukan jika begadang berpengaruh pada ritme sirkadian tubuh. Saat ritme ini berubah atau terpengaruh, ini bisa meningkatkan risiko menurunnya kesehatan fisik dan psikis bahkan kematian.

Pensiun Dini

Penelitian yang dilakukan para ahli di Harvard School of Public Health, menemukan jika orang yang pensiun dini juga rentan terhadap kematian. Dibandingkan orang-orang yang tetap bekerja hingga usia tepat, orang yang pensiun dini dari pekerjaannya, lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Mereka juga rentan terserang stroke dan penyakit mematikan lainnya. 

Itulah sekian kebiasaan yang bisa meningkatkan kematian dini atau memperpendek usia. Selain itu, kebiasaan yang memperpendek usia lainnya ada kecanduan gadget, konsumsi minuman beralkohol, konsumsi minuman dan makanan tinggi gula serta kurang gerak. Yuk Sahabat Fimela, lebih bijak dalam menjaga kesehatan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading