Sukses

Health

5 Bahaya Tidur Menggunakan Softlens, Salah Satunya Berisiko Buta

Fimela.com, Jakarta Softlens atau lensa kontak saat ini menjadi salah satu penunjang kesehatan yang cukup digemari. Tak hanya untuk menunjang kesehatan mata yang lebih baik, banyak orang menggunakan softlens karena ingin tampil makin cantik, menawan dan memesona. Apakah kamu salah satu pengguna setia dari softlens Sahabat Fimela? 

Menggunakan softlens memang memberi banyak manfaat. Tapi, alangkah bijaknya jika kita lebih hati-hati dan waspada dalam menggunakannya. Selelah apapun kita karena aktivitas yang ada, pastikan untuk melepas softlens sebelum kita tidur. Hindari kebiasaan buruk tetap menggunakan softlens saat tidur. Terbiasa tetap menggunakan softlens saat tidur, bisa berdampak buruk buat kesehatan mata ke depannya.

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, ada beberapa bahaya yang berisiko ketika kita terbiasa tidur dengan tetap menggunakan softlens. Apa saja bahayanya?

Iritasi Mata

Dampak atau bahaya pertama yang sering terjadi adalah iritasi mata. Iritasi mata ditandai dengan mata merah, gatal, berair, bengkak, sensitif hingga nyeri. Iritasi mata yang tak segera ditangani dengan baik, ini bisa berbahay buat kesehatan mata ke depannya. 

Kekurangan Oksigen Pada Mata

Sama dengan organ tubuh lainnya, mata pun memerlukan asupan oksigen yang cukup. Penggunaan softlens secara terus menerus hingga tidur, bisa meningkatkan risiko mata lelah dan kekurangan oksigen. Saat mata kekurangan oksigen, ini bisa meningkatkan risiko gangguan penglihatan.

Luka pada Mata

Penggunaan softlens saat tidur juga meningkatkan risiko adanya luka pada mata. Saat mata terluka, ini bisa menyebabkan beragam masalah mata. Ini juga meningkatkan risiko kerusakan kornea secara berkelanjutan dan memerlukan penanganan intensif.

Infeksi Mata

Kebiasaan memakai softlens saat tidur tak hanya menyebabkan iritasi mata. Ini juga meningkatkan risiko infeksi mata. Infeksi akan semakin parah ketika secara tidak sadar bola mata bergerak selama tidur dan tetap menggunakan softlens. 

Buta

Risiko paling menakutkan dari penggunaan softlens saat tidur adalah mata buta. Ketika beragam masalah seperti iritasi, infeksi dan luka pada mata karena softlens tidak ditangani dengan tepat, ini akan meningkatkan risiko mata buta. 

Itulah sekian bahaya atau dampak buruk dari kebiasaan penggunaan softlens saat tidur. Yuk Sahabat Fimela, lebih bijak dalam menjaga kesehatan tubuh tak terkecuali kesehatan mata. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading