Sukses

Health

Sejumlah Buah Unik yang Memiliki Ragam Manfaat

Fimela.com, Jakarta Indonesia adalah negara tropis yang kekayaan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Apalagi kekayaan floranya, tentu tersebar luas di seluruh penjuru negeri dengan jumlahnya yang melimpah. Tentu kekayaan alam ini dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan, bahkan ekonomi. 

Rupanya, ada banyak jenis buah-buahan yang unik serta langka yang tersebar di Indonesia. Selain unik, buah-buah tersebut memiliki segudang manfaat. Pasti kamu penasaran kan buah apa saja itu. Yuk, langsung kita simak sejumlah buah unik yang memiliki ragam manfaat. 

Buah Matoa

Buah satu ini adalah buah khas Papua yang pohonnya memiliki tinggi sekitar 18 meter. Yang membuat buah ini unik dan langka adalah, matoa hanya tumbuh setahun sekali, tepatnya mengeluarkan bunga-bunganya pada Juli hingga Oktober, lalu berbuah 3 bulan setelahnya. Rasa dan tekstur dari buah ini tidak jauh berbeda dengan kelengkeng atau leci.

Manfaat yang dimiliki buah ini cukup beragam. Kandungan antioksidannya dapat mencegah kanker. Selain itu, buah matoa mengandung vitamin C yang tinggi dan vitamin E yang dapat menurunkan resiko sakit jantung.

Buah Lobi-lobi

Lobi-lobi adalah buah yang hanya berasal dari kawasan Asia beriklim tropis. Mengingat Indonesia adalah negara tropis, buah ini dapat tumbuh dengan baik. Ukuran dari buah ini sendiri cukup kecil dan berwarna merah, persis seperti ceri. Tinggi pohonnya hanya setinggi 3 meter. 

Manfaat dari buah lobi-lobi ini adalah untuk menjaga kesehatan ginjal, karena kandungan antioksidan fenol yang terdapat dalam buah ini mampu melawan radikal bebas yang menganggu fungsi ginjal. Tak hanya itu, ternyata buah ini juga dapat meningkatkan suasana hati, loh. 

Buah Manau

Buah manau banyak disebut sebagai buah rotan. Saat kamu mengunjungi hutan hujan, sungai, ataupun daerah gambut berair, kamu akan menemukan buah ini. Biasanya buah ini banyak ditemui pulau Sumatera.

Jika kamu ingin mewujudkan gigi yang sehat, kamu bisa mengonsumsi buah ini. Buah manau juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak dan tulang. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara langsung, tanpa harus diolah lagi. 

Buah Keledang

Saat melihat buah ini, kamu pasti berpikir ini adalah buah nangka. Eits, kamu salah. Ini adalah buah keledang yang memang mirip dengan nangka. Dari kulitnya, durinya, hingga daging buahnya pun mirip sekali dengan nangka. Pohon dari buah ini memiliki ukuran yang sedang. Buah ini memiliki rasa asam manis yang menyegarkan. 

Sama seperti buah lobi-lobi, buah ini memiliki kandungan antioksidan fenol yang dapat menjaga fungsi ginjal dari segala macam gangguan. Tidak itu saja, buah keledang mampu membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. 

Nah, itu dia beberapa buah unik yang tumbuh di Indonesia serta memiliki manfaat yang segudang. Jika kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa membelinya di toko buah yang menjual segala jenis buah. 

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading