Sukses

Health

5 Makanan Sumber Protein yang Justru Efektif Menurunkan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh, bisa sangat berbahaya buat kesehatan. Ini bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit mematikan seperti halnya jantung, tekanan darah tinggi hingga stroke. Pola hidup yang tidak sehat, pemilihan makanan yang tidak tepat, juga stres, digadang-gadang sebagai pemicu utama naiknya kolesterol dalam tubuh. 

Agar kolesterol bisa turun atau setidaknya pada kondisi stabil, kita perlu berbenah mengenai pola hidup dan pola makan sehari-hari.  Mengutip dari laman healthline.com, konsumsi makanan tertentu bisa bantu menstabilkan kolesterol dalam tubuh. Termasuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein sehat namun rendah lemak. 

American Heart Association, menyebutkan jika ada beberapa makanan yang tinggi protein, justru ampuh dan efektif turunkan kolesterol. Makanan ini juga memiliki cita rasa lezat yang bakal disukai oleh semua orang. Apa saja kira-kira makanan tersebut?

Edamame

Edamame adalah makanan tinggi protein pertama yang efektif menurunkan kolesterol. Untuk dapatkan hasil yang maksimal dari khasiatnya, kita bisa mengonsumsi edamame rebus tanpa tambahan apapun. Namun, untuk kreasi masakan yang lebih lezat, kita bisa mengkreasikannya menjadi berbagai olahan dan menyandingkannya dengan bahan makanan lain.

Ikan Salmon

Study yang dilakukan para ahli menyebutkan jika ikan salmon adalah sumber nutrisi terbaik buat tubuh. Ikan salmon adalah sumber protein yang bisa menurunkan kolesterol dengan lebih efektif. Untukmu yang ingin memiliki otak cerdas, disarankan untuk lebih rutin mengonsumsi ikan ini. Kandungan asam folat di dalam ikan salmon, sangat baik untuk otak, terlebih untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Tahu

Tahu adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai. Rupanya, tahu juga sebagai sumber protein nabati terbaik yang ampuh turunkan kolesterol. Tahu adalah sumber nutrisi yang rendah lemak sehingga baik dikonsumsi setiap hari. Ada beragam olahan tahu yang siap memanjakan lidah sekaligus memperbaiki kesehatan tubuh. Tahu juga sebagai sumber energi terbaik bagi tubuh. 

Putih Telur

Sumber protein yang rendah lemak dan kolesterol selanjutnya ada putih telur. Makanan ini adalah sumber nutrisi terbaik buat tubuh. Konsumsi putih telur setidaknya dua butir sehari, bisa membangkitkan energi dalam tubuh. Ini juga bisa dijadikan nutrisi diet terbaik.

Brokoli

Sayur brokoli adalah makanan yang tinggi protein namun justru efektif turunkan kolesterol selanjutnya. Sebagai salah satu superfood, brokoli memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Sayuran ini juga cocok dijadikan menu MPASI buat buah hati untuk menunjang tumbuh kembangnya yang lebih baik. Konsumsi brokoli secara rutin, akan bantu memaksimalkan sistem kekebalan tubuh. 

Itulah sekian makanan yang tinggi protein namun justru ampuh turunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga tinggi protein ada daging ayam bagian dada tanpa lemak, kacang lamond, lentil, ikan dori, ikan kakap dan susu serta produk olahannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading